Laman

Senin, Agustus 15, 2016

Sekolah Lagi :)

Abis benerin settingan blogger...fyuh...

Karena sudah mulai sekolah lagi, aku akan ga gitu aktif disini sampe akhir bulan depan jadi maaf kalo bales komennya lama. Postingan lama banyak yang utang pula haha.

Wish me luck :)

Rabu, Juni 29, 2016

Bantaeng 201115 - 221115

Telaat banget bikinnya hahaha. Jadi kali ini aku mau cerita soal liburan ke suatu kota di Sulawesi Selatan yang awalnya kupikir kampung banget dan tertinggal kaya di pedalaman mana gitu eh ga taunya maju dan keren banget haha. Karena liburan ini sifatnya ngikut-ngikut aja, jadi ga gitu banyak tempat yang bisa dikunjungin. Tapi lumayan banget lah setelah menjalani hari-hari yang super capek sebelumnya.

Hari 1 - 20 November 2015

Pagi-pagi buta berangkat dari rumah menuju bandara karena pesawatnya jam 8 kurang. Waktu itu aku naik Garuda yang seat nya kepisah-pisah karena dari check in nya lupa kenapa udah ga beres hahaha jadinya tuker-tukeran lah di dalem pesawat dan ngebrel dikit sama orang-orang tidak dikenal di bangku sebelah. Perjalanannya kalo ga salah 2 jam lebih, dan langung ga pake transit. Sampe sana sekitar jam setengah 12 an karena beda 1 jam dari Jakarta jadi lebih siang. 

Dari Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, abis makan bentar langsung cao ke Bantaeng naik mobil. Perjalanannya sekitar 2 jam lebih. Btw pas di bandara liat Pak Ferry Mursyidan Baldan menteri agraria & tata ruang sekaligus kepala BPN haha. Di sepanjang jalan, ada spot bagus kita berhenti sebentar buat foto-foto.

Jeneponto
Jeneponto lagi
ini lupa dimana haha
Setelah 2 jam lebih di jalan termasuk berhenti beberapa kali buat BAK, akhirnya sampe juga di tempat yang di tuju. Eits tapi belum di hotel alias mampir makan siang dulu. Setelah itu baru ke hotel yang letaknya di kawasan Pantai Marina Bantaeng. Jadi semacam kompleks gitu di dalemnya ada hotel udah sama pantainya, dikelola pemerintah. Ada Alfamart juga jadi ga mati gaya haha. Ternyata pas sampe sana...bentukannya bukan hotel, tapi cottage! Tapi namanya hotel jadi yasudahlah. Ada bagian gedungnya juga sih buat tempat breakfast dan beberapa kamar. Sampe di kamar langsung istirahat, jalan-jalan, dan jajan di Alfamart pastinya hahah.

view dari cottage tempat aku nginep
gazebo di Pantai Marina
Pantai Marina

Malemnya, kami pergi makan dan jalan-jalan ke pantai lain lagi, namanya Pantai Seruni. Perjalanannya sekitar 30 menitan kalo ga salah. Disini ga ada macet tapi jarak antara satu tempat ke tempat lain lumayan jauh-jauh ga kaya di kota besar yang dikit-dikit ada mall atau pusat kota. Di sekitar Pantai Seruni ini ada lapangan yang bisa dipake buat berbagai acara, rumah sakit, pasar malam, semacam alun-alun gitu lah. Ada mobil-mobilannya juga kaya di alun-alun Jogja tapi ga ada lampu-lampunya haha. Pokoknya keren deh Bantaeng.

tempat jajanan
suasana alun-alun dari atas
rumah adat (?)
tulisan Pantai Seruni *Losari udah terlalu mainstream*
Abis makan-makan dan jalan-jalan sampe puas *sebenernya mulai panik juga soalnya Shehrazat udah mulai tapi sinyalnya kurang kuat buat streaming*, kami balik ke hotel. Nonton drama Turki dulu baru tidur. Zzzzz.

Hari 2 - 21 November 2015

Pagi hari diawali dengan sarapan dan jalan-jalan lagi buat foto-foto suasana pagi.

panorama dari tempat sarapan
yang paling kanan itu gedung hotel yang sebenarnya haha
biru bangettt langit & airnya
pantainya bener-bener bersih
gazebo yang kemarin
ada 2
Abis foto-foto dan sarapan, balik lagi ke kamar sambil leyeh-leyeh dan siap-siap menunggu kepastian jadwal hari ini mau kemana. Siang harinya, kami pergi makan siang ke RM Aroma Laut Bantaeng. Seperti biasa, abis makan foto-foto lagi, kali ini suasana pantainya yang di sekitar restoran.




bagus bangettt
Malemnya, it's party time! Karena ada acara inilah aku diajak pergi ke Bantaeng. Karena ga banyak foto-foto dan tempatnya juga di Pantai Seruni, jadi bagian ini skip aja lah ya. Perut juga kenyang banget karena kebanyakan makan haha.

Hari 3 - 22 November 2015

Hari ini hari pulang! Paginya sambil sarapan sambil foto-foto lagi untuk terakhir kalinya huhu. Abis itu langsung beres-beres ngelanjutin semalem dan pamit sama semuanya. Senang sekali dapet kenalan baru di kota ini dan bisa mempererat silaturahmi juga sama yang udah lama kenal tapi jarang ngobrol hehe.

sama sih sebenernya kaya yang kemaren cuma agak mendung
ini dia cottage nya
Abis semuanya kelar kami langsung ke Makassar buat ke bandara. Sampe bandara baru foto-foto bandaranya. Dalemnya bagus banget mirip terminal 3 Soetta tapi bagusan ini sih. Sejauh yang aku pernah kunjungin bandara inilah yang paling bagus dan bersih di Indonesia.






Sekitar jam 1 siangan kami naik pesawat setelah puas keliling bandara dan beli oleh-oleh kacang mambo yang katanya terkenal dan enak. Jam 3 an sampe Jakarta dan pulang ke rumah kembali menjadi pengacara alias pengangguran banyak acara. Kelar deh ceritanya see you next trip :)

Seneng banget rasanya akhirnya bisa ke Sulawesi juga untuk pertama kalinya. Semoga besok-besok bisa kesini lagi atau ke kota-kota lain di Sulawesi atau Bantaeng bisa masuk wahana internship haha. Selanjutnya aku akan post lagi soal liburan yang postingannya ketunda juga sama kaya ini. Stay tuned :)

Senin, Juni 27, 2016

8 Years of Happiness

Selamat ulang tahun yang ke 8 lebih sehari, A Story About Me!!!

Udah diinget-inget tapi tetep aja kelupaan. Ga kerasa ya blog ini udah tua, nemenin dari lulus SMP sampe akhir kuliah sekarang ini. Semoga kontennya makin berkualitas dan yang punya makin rajin nulis haha.

Untuk merayakannya, aku bikin email khusus tanya jawab atau apapun lah buat semua pembaca blog ini, yaitu : ask.astoryaboutme@gmail.com. Tanya jawab di komen juga boleh kok. Biasakan membaca dan mencari dulu sebelum bertanya, jangan manja minta disuapin mulu hehe :)

See ya next post :)

220216 - 220416

Dari semua stase yang sudah dijalani, aku akan pilih yang terfavorit, yaitu IPD. Biarpun pada nantinya aku kemungkinan besar ga akan ambil spesialis IPD, IPD akan tetap dihati.. *cailah*.

Pertama kali denger yang namanya stase IPD, kesan pertamanya adalah berat. Pokoknya kehidupan disini serba berat, capek, apapun itu lah namanya. Kerjaan sehari-hari cuma nulis status dan belajar sampe muabok. Udah gitu sebelum IPD kan Obsgyn yang jadwalnya agak nyantai dan ga banyak tuntutan. Terus, ada ujian pasien yang super horor. Ada lagi EBCR (evidence based case report) yang harus dibuat sendiri, pas EBM rasanya susah banget bikin ini padahal berlima, nah sekarang sendiri-sendiri. Ngeri deh pokoknya!

Jauh sebelum IPD, aku udah mulai cari-cari info dari kisi-kisi rotasi sebelumnya dan tanya-tanya temen yang udah lewat mengenai gimana sih kehidupan di stase ini, apa bener seberat itu. Setelah tau banyak informasi...makin pengen nangis rasanya takut ga kuat. 

MINGGU 1 & 2 - ORIENTASI

22 Februari 2016. Hari yang ditunggu-tunggu telah tiba. Hari pertama IPD. Isinya kuliah pengantar modul, penyambutan dari kepala departemen (yang masih baru & fresh belum lama dilantik), dan beberapa kuliah lainnya. Dua minggu pertama IPD ini isinya emang kuliah-kuliah tentang dasar-dasar IPD sendiri dan beberapa ilmu lain sama QBL (question based learning) yang isinya soal kasus yang pertanyaannya banyak, harus dijawab (iyalah), dan dipresentasiin secara random di minggu kedua jadi minggu pertama udah mulai sibuk ngerjain ginian. Dan, di rotasi ini, koasnya berasal dari 2 angkatan yang berbeda, yaitu 2011 keatas, dan adik-adik 2012 yang baru banget mulai koas (wah stase pertama IPD ga kebayang gimana beratnya haha). Selain kuliah dan ngerjain QBL, ada juga praktikum anamnesis dan pemeriksaan fisis jadi harapannya nanti pas periksa pasien selama stase ga salah-salah. Oiya karena ada 2 angkatan jadi mulai kenalan sama dedek-dedek 2012 soalnya kelompok aku pas 2 minggu pertama buat QBL gabung sama beberapa anak 2012. Biarpun 2 minggu ini ga ada jaga, dari kegiatannya udah kebayang betapa bhuanyaaaknya ilmu yang perlu dikuasai di stase ini, dan semuanya saling berkaitan satu sama lain.

foto kuliah hari pertama, masih pada semangat haha
MINGGU 3 - RSCM GEDUNG A LANTAI 7

Dua minggu tanpa jaga berlalu dan masuk juga ke minggu ketiga dimana koas udah mulai periksa pasien, follow up pasien tiap hari, laporan jaga sama PPDS, diskusi kasus, diskusi sama konsulen, jaga, and last but not least...NULIS STATUS!!! Kelompoknya juga udah ganti, kali ini isinya mayoritas 2011, ditambah 1 orang kakak 2010 inter dan 1 orang kakak 2009 inter. Kelompokku itu kelompok H, anggotanya ada (sesuai absen ya), Tika alias Goyo, aku, Doria, Kak Aria, Adil, Anara, dan Kak Michelle. Selain aku dan Kak Michelle, 5 orang sisanya ini sekelompok pas stase Obsgyn dan satu puskesmas sama aku di Pasar Rebo jadi...tau sama tau lah. Terus aku dan Kak Michelle jadi kaya pendatang yang perlu beradaptasi hahaha. Setelah sekian lama 'debat', akhirnya ketua kelompok terpilih, yaitu Adil, yang udah pernah jadi ketua di 2 stase sebelumnya (pasti sekarang lagi enak udah pensiun jadi ketua haha). Minggu ini stasenya di lantai 7, wajib follow up 2 pasien, sebelumnya sih udah pernah periksa pasien disini untuk bikin diskusi kasus pertama kali yang juga minggu ketiga jadi udah ga asing lah. 

Di lantai 7 ini, aku, Goyo, dan Doria tergabung dalam 1 kelompok kecil yang dapet berada dibawah 1 chief, dr. A, 1 PPDS, dr. C, yang superrr pinter yang juga kakak 2007, dan 1 konsulen, yaitu dr. IR. Jadi sering banget tanya-tanya dan diskusi sama mereka-mereka yang sangat jenius dan baik hati tentunya. Dokter-dokter lain di lantai 7 juga baik dan pinter-pinter kok. Disini nulis statusnya kalo ga di kamar PPDS alias kamar 706 ya di ruang mahasiswa yang super panas (tapi curangnya yang lagi IPD sekarang udah punya ruangan sendiri di bangsal yang enak dan dingin). Jaganya enak, malem bisa tidur, ga gitu banyak kerjaan, dan standby di 706 yang ternyata dingin juga pas malem haha. 

Pertama kali nulis status rasanya bingung karena masih belum belajar banyak dan anamnesis PF masih berantakan karena belum biasa. Jadinya lama deh bikin pengkajian haha. Oiya di minggu ini juga pertama kali ketemu sama supervisor selama di IPD yang juga nguji CBD (case based discusssion alias ujian status), dr. Ginova dari Ginjal-Hipertensi yang baikkk banget dan sangat mengayomi mahasiswa (sudah terlihat sejak pertemuan pertama). Di minggu ini juga pertama kali berurusan sama EBCR dan ketemu pembimbing buat nentuin topik. Alhamdulillah langsung dapet topik. Btw pembimbing sayah 'artis', sering keliatan di tipi-tipi haha.

MINGGU 4 - RSUT

Welkam bek tu tenji! Alhamdulillah dapet tenjinya di minggu-minggu awal jadi ga capek di akhir. Disini tuntutan lebih gede dan harus lebih mandiri karena harus 'megang' pasien, ga cuma follow up. Disini follow up 3 pasien. Dan setiap pagi jam 6 ada ronde sama PPDS jadi jam 5 pagi harus mulai follow up. Itulah yang membuat koas disini ga bisa pulang kerumah, selain karena malemnya ada laporan jaga sama PPDS juga. Disini kegiatannya banyak di bangsal dan yang bikin agak rempong adalah turnover pasien yang terlalu cepet jadi kan untuk follow up ada batas minimalnya 3 hari (1 hari initial assessment + 2 hari follow up) jadi kalo ada yang udah pulang padahal baru 2 hari diperiksa ya ga bisa jadi status dan sempet jadi perdebatan hebat soal ini hahaha. Untungnya karena banyak nebeng follow up sama temen jadinya tercover. Hari-hari disini diisi dengan bikin status, bikin status, bikin status, dan laporan jaga pas malemnya. Sama jaga on call juga jadi nongkrong di kamar terus kalo ditelpon sama bangsal barulah ke bangsal tapi sayangnya pas aku jaga ada pasien gawat jadi cukup banyak kerjaan. Oiya disini dapet 'hiburan baru' alias kepoan di instagram yang...mayan lah instant happiness macam 9gag. 

Karena sudah terlalu lelah, sempet jalan-jalan sih sama cewe-cewe sambil bikin status. Terus nggosip, tapi bikin status tetep jalan. Kita makan di Pho24 Livingworld. Yang menyenangkan di RSUT adalah PPDS nya yang mana chief semua (dr. D, dr. I, dan dr. A yang ketiganya sudah menikah *gapenting*) baik-baik bangettt dan mau ngajarin. Konsulennya, terutama dr. E, juga baik-baik tapi sibuk jadi ga terlalu sering terpapar. Saking baiknya PPDS disini, hari Jumat jadi baper karena mau pisah, terus mayan huruhara cari tandatangan konsulen untungnya ada dr. A sang malaikat yang mau ttd semua yang perlu dittd padahal beliau bukan supervisor kita selama di RSUT :) I saw an angel kalo kata Anara haha.

ngerjain status di Pho24
makan-makan
Adil - Anara - Laras - Michelle - Doria - Tika - Aria
MINGGU 5 - POLIKLINIK RSCM

Minggu tanpa jaga dimulai! Kami semua kembali ke RSCM, paginya tiap hari tertentu ada diskusi kasus, abis itu poli, atau ketemu pembimbing EBCR atau dr. Ginova, siang atau sorenya diskusi sama DPJP. Di minggu poli ini, status kalo bisa harus kelar hari itu juga buat diskusi jadi ga ada follow up. Satu poli satu status. Minggu ini dapet 5 poli, harusnya 6 karena kepotong libur jadi cuma 5. Kelompokku dibagi jadi 2 kelompok kecil, aku sekelompok sama Goyo, Doria, dan Kak Aria. Hari pertama, poli nefrologi, masuk poli, ketemu DPJP, langsung hectic karena harus bikin status dalam 15 menit, ya udah anamnesis PF cepet-cepet terus diskusi deh. Selain status poli ada status prosedur juga yang perlu dibikin jadi sehari bisa ke 2 tempat yang berbeda. Siangnya, ke ruang HD buat cari pasien status prosedur. Asyik, ketemu dr. Ginova lagi terus diajarin macem-macem haha. Hari kedua, poli umum dan pokdisus yang isinya pasien-pasien HIV. Agak drama sih cerita disini karena DPJP poli umumnya cukup sesuatu. Daaan DPJP poli pokdisusnya adalah dr.....ga usah diceritain lah ya disini yang jelas diskusinya epic parah deh. Intinya, semua bisa dimengerti kecuali......
CINTA.

Gitu kata dokternya.

Hari ketiga, masuk poli pulmonologi. Pasien status sama kaya pasien prosedur. Kita ngeliatin pungsi pleura sambil denger lagu Raisa sealbum yang diputer disitu. Abis prosedur kelar, periksa pasien, diskusi sama DPJP. Hari keempat (yay besoknya libur), poli kardiologi...ini juga agak drama nih. Jadi, kebanyakan pasien di poli itu periksanya buat toleransi operasi, jarang ada pasien kardio fresh yang punya keluhan kardio macam nyeri dada, sesak napas, dkk. Pas udah siang banget baru dapet 1 pasien yang emang ada masalah kardio nya biarpun datengnya buat tol op mata. Abis anamnesis PF, nunggu lamaaa banget DPJP nya yaitu sebut saja dia master (karena memang master). Pas aku dan Goyo lagi izin keluar bentar eh master udah dateng aja. Diskusinya cuma bertiga sama Doria karena Kak Aria mengejar pesawat buat liburan. Isi diskusinya penuh dengan kata sedih sedih sedih saya sedih...

MINGGU 6 - RSP

Setengah IPD sudah berlalu dan saatnya ke friendship hospital yang cukup friendly. Disini follow up 3 pasien dan cukup banyak drama yang terjadi di diriku sendiri minggu ini karena turnover pasien yang terlalu cepet lagi dan...ada hal yang ga bisa diceritain disini pokoknya gara-gara kebingungan geng cempaka bawah soal turnover ini yang mengakibatkan kekacauan. Jadi kelompokku kebagian follow up di bangsal cempaka yang berkamko, dibagi cempaka atas dan cempaka bawah. Absen aku sampe Kak Aria di bawah, sisanya di atas. Terus jadi nge-geng gitu, ada geng cempaka atas dan cempaka bawah hahaha. Karena semua kerempongan yang ada alhasil aku bikin 5 status pasien. Disini cukup banyak kegiatan journal reading PPDS yang mau ga mau koas harus ikut. Yang menyenangkan adalah PPDS nya baik-baik, terutama dr. T, dan perawatnya juga baik-baik. Kita disini sering pesen Chatime siang bolong biar seger pas nyetatus. Terus di tengah minggu jadwal ujian pasien keluar daaan aku dapet di minggu 7 which is minggu depannya. Langsung panik setres mana diskusi status belum kelar dan banyak kerjaan lainnya juga. Dan rempong tukeran jaga juga sama temen-temen biar ga jaga pas deket-deket ujian. Untung sekelompok inisiatif ngadain belajar bareng sore-sore biarpun cuma sehari tapi menguatkan banget :'). Di hari kamisnya, ada satu kejadian baper. Jadi pasien follow up salah seorang teman, yang kemarinnya pas dateng masih bisa diajak ngomong dan sempet aku anamnesis karena tadinya mau dijadiin pasien follow up ku berdua dia, tiba-tiba perburukan dan meninggal. Pasien masih muda, masih baru banget panyakitnya, terus istrinya nangis kejer. Ga tega euy ngeliatnya. Oleh karena itulah geng cempaka bawah ga ikut journal reading dan telat ronde besar karena ikut bantu bagging dan jagain pasien. Abis semua kelar, semua langsung sedih dan masih kebayang-bayang. Seumur-umur koas aku ga pernah liat pasien plus sesedih ini. Dan ada satu kejadian lain dimana...baper maksimal pokoknya, menyangkut privacy temen. Nguji iman takwa banget deh pokoknya rotasi ini. Untung aku dapet jaga weekend pagi dan cukup banyak diajarin sama dokternya mulai dari IPD sampe ilmu agama jadi sekalian persiapan ujian haha.

makan pia legong oleh-oleh dari Bali, Adil marah karena ga diajak foto soalnya lagi ngurus nametag hahaha maaf Adil :(

MINGGU 7 - IGD RSCM

Minggu ujian dan H-1 minggu pengumpulan EBCR pun datang, dan untungnya IGD ini ga ada follow up, jadi bikin status aja. Selasa ujian CBD, Kamis ujian pasien. Di IGD ketemu lagi sama PPDS yang pas di RSUT jadi kaya reunian terus karena udah kenal jadi enak kalo mau nanya-nanya haha. Minggu ini aku lebih fokus belajar jadinya baru nyelesaiin status pas udah kelar ujian pasien. Di IGD sambil pikiran fokus ke ujian, sambil periksa pasien juga itung-itung latihan. Pokoknya harus berjuang jangan sampe ga bisa pas ujian haha jadinya kerjaan ditumpuk setelah ujian. Alhamdulillah, ujiannya lancar semua dan lulus biarpun ujian pasien dapet penguji Prof yang (katanya) killer tapi ternyata ya...udah, terima aja haha. Jadi, di IPD ini katanya yang absen pertama atau IPK tinggi bakal dapet penguji Prof, intinya adil lah sesuai kemampuan tapi ternyata...ga juga haha. Aku yang biasa aja dapet prof yang konon katanya horor banget kalo nguji. Tapi karena penguji ga dikasi tau sebelum ujian kaya stase-stase lain jadi ga gitu mikirin, ujian ya jalanin aja. Judulnya hoki nya abis di IPD. Abis ujian, semua status dan urusan EBCR dikelarin sekaligus baper lagi karena ga ketemu PPDS baik-baik itu lagi setelah selesai IPD :( Yang menyenangkan di minggu ini adalah bisa sambil cari tindakan kaya pasang IV line, kateter, suntik, NGT, dll. Selain itu pas jaga alias sabtu malem rotasi udah mau kelar, dapet DPJP yang seru, diskusinya asyik, dan IGD sepi hahaha. Diskusinya itu di IGD RSCM Kencana yang VIP banget.

wefie tim jaga sabtu pagi (Doria & Stephen) & sabtu malam (Laras & Yossy) di IGD swasta
IGD Kencana yang keren
selfie dulu ah

MINGGU 8 - RSF

Rasanya senengggg banget ujian-ujian horor udah berlalu jadinya agak santai di minggu ini. Jaganya super gabut pula jadi banyak tidur dan kebanyakan isinya ga ngapa-ngapain. Hari-hari diisi follow up kaya biasa dan senengnya minggu ini dapet kasus-kasus yang belum pernah didapet di minggu sebelumnya jadi mayanlah belajar lebih biarpun udah ga ujian, walaupun pada akhirnya salah satu pasien follow up ku plus jadinya ganti sama pasien lain :( . Selain itu ngerjain EBCR juga. Oiya disini ada koas UIN juga jadi rame hehehe.

Ada satu hari dimana isinya lapjag besar bersama para konsulen, ada dr. Ginova juga dateng katanya baru pertama kali ke RSF beliau bilang disini enak pemandangannya bagus (di ruangannya ada jendela gede ngarah langsung ke pemandangan luar). Di tengah lapjag, Goyo tiba-tiba nanya, "Eh, itu (sambil ngeliatin seorang wanita muda berhijab tanpa sneli lagi duduk) PPDS anak bukan sih?". Aku bilang aja, ya bukan lah mana ada PPDS anak di IPD. Pas lapjag kelar, aku bingung kok tiba-tiba Goyo jadi keliatan akrab banget sama wanita muda yang dimaksud tadi. Ga taunya, setelah Goyo cerita, itu adalah mantan temen les bahasa Perancis nya...yang selama les ga pernah ngungkap jati dirinya siapa, baru ketauan dokter pas akhir-akhir les, dan rupanya kerja di RSF toh. Pas itu kita semua langsung kaget dan menyadari betapa sempitnya bumi ini hahaha. Hari Jumat alias akhir minggu, ada ujian tulis di RSCM. Abis dari RSCM, balik lagi ke RSF, macet banget. Baru sampe setelah 1,5 jam an dan berusaha ngejar tandatangan konsulen di logbook yang perjuangan banget. Karena sampe sore ga ketemu-ketemu sama konsulen yang dimaksud, akhirnya minta tandatangan lah sama...sebut saja namanya kakak alias teman Goyo yang aku ceritain tadi hahaha.


MINGGU 9 - RSCM GEDUNG A LANTAI 6

Minggu paling gabut selama IPD. Harusnya sih rotasi lantai 6 sama rotasi RSF ga ada cuma karena stase kami orangnya sangat banyak jadi mau ga mau lahan kudu nambah buat nampung koas. Di minggu ini cuma follow up 2 pasien yaitu pasien kardio dan jaganya...lebih gabut daripada jaga RSF hahaha. Karena ini minggu terakhir dan ga ada ujian lagi, kami banyak jalan-jalan dan bergosip tentunya hahaha.  

surprise ulang tahun Kak Aria yang ke 26 *sudah senior*, btw minggu sebelumnya Kak Aria bikin multichat sendiri terus leave sendiri biar disurprise in :(
sebelum ditraktir makan (minta traktirnya dengan pemaksaan hahaha)
makan-makan di Hanamasa ditraktir Kak Aria
ada Stephen nyempil
makan-makan di Megaria
foto bareng dr. Ginova di hari terakhir IPD yang ceria
Akhirnyaaa postingan ini kelar juga. Stase IPD biarpun capek banyak kerjaan alhamdulillah bikin bahagia dan banyak ilmunya yang kepake banget baik nanti jadi dokter umum maupun spesialis apapun lah karena IPD itu mother of medicine haha. Ga akan lupa gimana capeknya bikin status, follow up pasien, kegiatan hari-hari yang super hectic, ngerjain EBCR dari awalnya yang ga dapet jurnal, susah ketemu pembimbing sampe ngejar-ngejar ke Kencana, revisi revisi dan revisi sampe alhamdulillah kelar, ujian pasien pertama kali di tingkat 5 yang awalnya super takut ngadepinnya, daaan yang paling bikin bersyukur disini adalah punya supervisor yang baik hati dan mengayomi mahasiswa yaitu dr. Ginova dan dapet kelompok yang anak-anaknya super asyik jadinya ga beban-beban amat ngadepin dunia IPD dan...aku ga tau deh gimana nasib IPD ku kalo ga dihabisin sama mereka hahaha. Dibilang capek, emang capek, tapi dibilang ga punya kehidupan, rasanya lebay banget deh. Di IPD kami semua diajarin untuk punya pola pikir yang bener, gimana cara bikin pengkajian masalah, ilmu yang saling berkaitan satu sama lain yang hubungannya harmonis banget, cara ngatur waktu, learning by doing, cara bertahan ditengah-tengah tekanan yang luar biasa, pokoknya segala macem pelajaran baik IPD itu sendiri sampe pelajaran kehidupan banyakkk banget di IPD yang belum pernah didapet di stase-stase sebelumnya. Semua ini juga ga lepas dari dukungan konsulen dan PPDS IPD yang baik-baik dan mau ngajarin macem-macem koas yang ilmunya masih dikit banget ini :'') Makasih banyak dok :'')

Bakal kangen berat rasanya sama stase ini, stase paling menyenangkan selama kehidupan klinik (masih sisa 1 stase dan 2 modul sih sebenernya tapi kurasa IPD ga akan kalah dari yang lain). Postingan ini masih mungkin banget ditambah-tambahin karena ga akan ada habisnya cerita selama 9 minggu ini :)

See ya next post :)

Jumat, Juni 24, 2016

D-Day

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu dateng juga, yaitu stase bedah selesaiiiii dan bisa libur untuk beberapa saat sebelum masuk lagi. Rasanya seneng banget ketemu libur setelah 27 minggu ga libur-libur haha, sekaligus ini pengalaman pertama ngerasain stase sambil puasa. Rencananya liburan ini mau main dan belajar aja, ga pergi kemana-mana soalnya ndak ado piti dan waktu haha. Sepertinya aku akan jarang nulis disini entah sampai kapan. Nanti kalo aku agak rajinan sedikit aku akan nulis. 

Happy happy happy holiday!

Btw 2 hari lagi blog ini ulang tahun yang ke 8 :)

Selasa, Juni 21, 2016

Erann DD - Still Believing

Hai semua...zzzzz *pasang mata & nada bicara ala zombie*. Akhirnya segala macam ujian bedah kelar semua. Doakan semoga hasilnya baik ya :)

Btw lagi demen lagu ini :

I want you
To understand - ooh baby
I've been waiting so long
Now I want
You to know - ooh baby
Exactly how I feel
Tell me, tell me baby
Tell me, if you'll be my love
Tell me, tell me baby
Tell me, if I'm strong enough
Strong enough to be the only one

Still believing
Still I'm grieving
I wrote so many love letters
But you never wrote at all
I've been waiting
Anticipating
That you will get in touch with me
And dance the night away

Let me hear you say
Call me
Hold me -. Uh-uh-uh-yeah
There must be
Someone else
Who wants this heart of mine
Tell me, tell me baby
Tell me, if you'll be my love
Tell me, tell me baby
Tell me, if I'm strong enough
Strong enough to be the only one

I want your lovin'
I want your lovin' now
I want your love
I want your lovin' now
I want your love
I want your lovin
I want your love
I want your lovin

Still believing
Still I'm grieving
I wrote so many love letters
But you never wrote at all
I've been waiting
Anticipating
That you will get in touch with me
And dance the night away

Kamis, Juni 09, 2016

Sudah bulan Juni saja saudara-saudara dan sudah masuk bulan Ramadhan. Artinya...liburan sebentar lagi!!! :)

Cukup banyak hal-hal menyenangkan dan menyebalkan yang sudah terlewati sehingga jadi lupa mau nulis disini. Kalo diceritain pasti kepanjangan dan kaitannya sama privasi. Untungnya satu ujian udah lewat terlepas hasilnya gimana tapi lumayan lah beban hidup berkurang satu. Dan alhamdulillah, tahun ini udah tau akan pergi kemana, biarpun bukan liburan sih sebenernya lebih tepatnya ada acara di sela-sela kegiatan akademis haha.

Aku mohon maaf buat semua yang baca blog ini kalo misalnya konten atau komen-komen disini ada yang ga enak di mata kalian semua. Ambillah yang baik-baik aja dari blog ini kalo ada yang kurang baik jangan dimasukin ke hati haha.

Selamat menjalani ibadah di bulan Ramadhan :)

Kamis, Mei 19, 2016

Channel Video Kedokteran di Youtube

Lagi fase denial banget mengingat ujian udah deket, nama penguji udah ada dan otak masih kosong. Ngepost aja lah buat ngelepas stres. Sebenernya mau nulis ini dari jaman kapan cuma baru kesampean sekarang. Buat temen-temen semua terutama mahasiswa kedokteran atau kesehatan lainnya atau siapapun yang punya minat di bidang kedokteran baik dasar maupun klinik, aku punya sejumlah rekomendasi channel video di youtube buat belajar biar lebih ngerti, terutama kalo tipe belajarnya visual. Yang bayar aku bold ungu ya *edisi warna janda aja*

1. Khan Academy

Khan Academy ini akunnya ada macem-macem, ada yang Khan Academy secara umum, topiknya banyak seperti pelajaran anak sekolah seperti, matematika, sains kaya biologi, fisika, kimia, ekonomi, art, komputer, dan persiapan tes-tes buat lanjut studi ke luar negeri macam SAT, GMAT, dan sejenisnya. Channelnya selain yang umum ada banyak, salah satunya Khan Academy Medicine. Yang lainnya ada Organic Chemistry, New SAT, Computing, Early Math, dll. Pembahasannya dari tiap topik dalem banget dan pengisi kontennya pastinya profesional di bidangnya, bisa kerjasama sama universitas tertentu. Penjelasannya kaya dikuliahin, kaya diajarin pake tulisan dan digambarin di 'papan tulis' gitu. Durasi per video cukup panjang, bisa sampe belasan menit, tapi enak, jelas, dalem, dan ga ngebosenin pastinya.

Tiap topik dibikin dalam satu playlist dan didalem playlist ada banyak video terkait topik besarnya.
contoh video
Pokoknya seluruh video disini sesuai sama slogannya : "You only have to know one thing: you can learn anything." (and it's totally free :) )

cakep kan quote nya
2. Armando Hasudungan
  
Kurasa banyak mahasiswa FK yang udah tau dia siapa dan pernah nonton video nya, orangnya ganteng, turunan Batak pula. Ini link channelnya, kalo mau kepo cek profilnya disini. Karena background nya emang medical student, jadi udah pasti konten-konten videonya hampir semua berkaitan sama kedokteran, mulai dari yang biomed banget sampe penyakit-penyakit. Bentuk video nya digambarin cuma dipercepat ga kaya Khan yang bener-bener digambar terus kita nunggu seolah-olah liat kuliahnya beneran. Penjelasan dari tiap video detail, dan dari tahun ke tahun kontennya makin keren dan berwarna-warni. Selain itu, kita juga bisa download gambar video nya dari website nya (format PDF) atau link yang disediain di deskripsi video (bisa format JPG). Di FB fanpage nya biasanya juga suka ada. Kadang sambil nonton suka ngiri kok bisa ya ada orang gambar sebagus itu huhu.

contohnya kaya begini, keren kan
Seluruh konten video gratis dan cukup sering update loh!

3. Interactive Biology

Ini sebenernya channel video sains (kebanyakan biologi) cuma ada beberapa topik terkait kedokteran, terutama buat yang mau mendalami atau review ilmu-ilmu dasar. Bentuknya dikasih gambar plus animasi. Durasi videonya cukup panjang tapi worth it kok. Sayangnya sekarang udah ga banyak update :(


 
4. Nucleus Medical Media

Salah satu channel dengan tampilan visual paling keren. Juara banget animasinya. Sebenernya sih bukan channel buat pembelajaran, lebih ke edukasi awam sama sebagian buat promosi gitu. Durasi video nya pendek-pendek tapi animasinya ngejelasin banget buat tau gambaran awal suatu topik dan cukup ngeringkas mekanisme yang ribet-ribet. Pilihan topiknya cukup luas, mulai dari penjelasan penyakit sampe macem-macem prosedur bedah ribet dengan penjelasan yang awam banget. Plusnya, ada edukasi juga, jadi sebelum prosedur pasien perlu apa atau pas ada keluhan apa perlu pergi ke dokter lagi. Sering update kok.

keren kan, buat jelasnya tonton aja channel nya
5. Anatomy Zone

Sesuai namanya, channel ini ya buat belajar anatomi. Bentuknya, si pembuat video gabungin penjelasan pake aplikasi web atlas anatomi 3D (http://anatomylearning.com/en/) dan gambar-gambar lain misal potongan sagital/coronal/axial dari suatu struktur. Penjelasannya enak, tiap topik dibagi ke dalem beberapa video yang durasinya cukup sebentar, biasanya ga nyampe 10 menit. Baru tau juga ni channel punya cabang yaitu Physiology Zone sama ECG Zone tapi belum nonton jadi belum dibikin review nya yaa.

contoh atlas anatomi 3D

6. KenHub

Channel tentang anatomi juga, masih relatif baru. Bentuknya animasi, keren, penjelasannya asyik, video nya pendek, kurangnya cuma satu, mbhuayar. Di Youtube kebanyakan video preview, yang lengkap cuma sedikit. Kalo mau akses lebih lengkap bisa daftar di web nya, fiturnya macem-macem ga cuma video, dan bayar tiap bulan pastinya. Strategi marketingnya keren hahaha.

7. Study.com

Tenang, yang ini ga serese no 6 kok hahaha. Topiknya sih ga cuma tentang kedokteran, luas juga kaya Khan Academy. Untuk video terkait kedokterannya, lebih banyak soal ilmu biomedik, anatomi, sama fisiologi. Penjelasannya pake animasi, enak, menyenangkan, dan di akhir video selalu ada review nya. Durasinya cukup bervariasi. Di youtube sendiri sih udah cukup banyak video nya tapi sayangnya kalo mau yang super duper lengkap, di website nya ada tapi kudu bikin member dan bayar perbulannya. Padahal di bawah video suka ada penjelasan detail nya. Ini channel super duper enak buat belajar dasar tapi ya...semoga makin banyak deh video gratisannya haha. 


8. Medcram

Sama kaya Armando, channel ini difokusin buat medical student. Topiknya cukup banyak, terutama sih penyakit dalam karena si pemberi materinya dokter penyakit dalam, tapi update ga terlalu sering. Bentukannya kaya Khan Academy, ditulisin dan digambarin. Durasi video cukup panjang bahkan kadang panjang banget jadi buat yang suka ngantuk di tengah-tengah tahan aja haha. Penjelasannya soalnya lumayan dalem jadi durasinya lama.

beti lah ya sama Khan

9. CanadaQBank

Ini channel emang udah ada dari jaman kadal tapi aku suka nontonin video nya baru-baru ini. Topiknya lebih tentang penyakit dan penjelasannya klinis banget karena difokusin buat mahasiswa FK diluar sana yang mau ujian macam USMLE. Penjelasannya ada gambar plus tulisan mirip Khan dengan background putih dan susunan yang lebih acak-acakan haha. Intinya, ringkas dan padet. Durasinya kadang lama kadang ngga, biasanya 6-15 menit, tapi yang bikin lama karena ada latihan soalnya di akhir *sayah biasanya ngeskip bagian ini*


10. Draw it to Know it 

Salah satu channel paling bantu pas stase neurologi! Sesuai namanya, dijelasinnya dengan digambarin. Ga ada tuh istilahnya belajar dasar neuro ribet pas nonton ini *tsaah*. Durasi per videonya ga panjang, dan setelah sekian lama tak update ada sejumlah video baru yang ga cuma tentang neurologi haha.


11. EyeSeeWhatYouDidThere

Bisa kubilang, SEMUA ilmu mata yang perlu dipahamin pas koas ada di channel ini. Sesuai namanya, emang eye semua isinya. Pendekatannya juga mirip-mirip pas belajar mata, misalnya mata tenang visus turun mendadak, turun perlahan, ada topik sendiri tentang katarak sama glaukoma juga. Penjelasannya digambar di kertas, terus ganti bahasan balik kertas, cukup detail tapi tetep ringkas. Di awal dijelasin dulu kok basic nya. Videonya emang lama banget sekitar 40 menitan tapi sangat worth it.  

12. HelpHippo

Aku dikasi tau channel ini dari temen, dan isinya cukup 18++ karena banyak istilah dewasa hahaha. Topik kedokterannya cukup bervariasi, mulai dari dasar sampe klinis. Cocok buat yang efektif kalo belajar pake jembatan keledai dan pengen tau dalam waktu singkat. Video nya durasinya pendek-pendek tapi sayang belum update lagi :(
18++ banget kan

13. Osmosis

Last but not least, salah satu channel favoritku saat ini ya Osmosis. Masih baru sih cuma sejak pertama kali nonton video nya aku langsung jatuh cinta! Topiknya tentang klinis sih tapi di awal bisa aja dijelasin dasarnya dulu. Penjelasannya itu gambar digabung sama animasi pokoknya keren deh. Bener-bener ngebantu buat 'osmosis' deh.

kaya gini hahaha
Durasi video di osmosis ini cukup lama tapi penjelasannya cukup banget, ga kedaleman tapi ga superfisial juga. Karena masih baru, jadi video nya belum terlalu banyak tapi biasanya update tiap hari Senin, Selasa, sama Rabu.

caem banget kan animasinya :'))
Sekian dulu postingannya. Mungkin kalo ada yang punya rekomendasi lain bisa comment. Sudah malam, sudah waktunya tidur. See you next post :)