Laman

Kamis, Agustus 20, 2009

Perpustakaan Nasional !!!!

Akhirnya ada kejadian menarik lagi yang bisa diposting disini. Tapi sebabnya yang ga menarik, gara-gara tugasnya PAK JOHARI alias BOS JOHARI (kata Bu Suci) alias OM JO yang susah banget. Jadi tugasnya itu harus nyari Tipe-tipe Budaya Politik yang Berkembang di Indonesia pada masa :

- Awal abad ke-20 sampai awal kemerdekaan
- Awal kemerdekaan sampai berakhirnya RIS (Republik Indonesia Serikat)
- Masa Demokrasi Liberal (1950-1959)
- Orde Lama
- Orde Baru
- Reformasi

Dan untuk mencari semua ini, ga cukup dari internet. Om Google kayaknya udah pensiun buat bantuin aku ngerjain tugas yang satu ini. Pas aku tanya ke dia, mentok-mentok cuma ketemu yang reformasi, itu juga aku ga ngerti. Aku minta Om Egy buat ngerjain tugas gila ini, dianya sibuk. Makanya saya memutuskan untuk :

PERGI KE PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

masih ga percaya? aku gedein, tebelin, sama warnain merah deh fontnya...

PERGI KE PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

Nah, udah pada percaya kan sekarang? OK, tanpa basa-basi-baso-base-basu, kita cerita aja ya.

Jam 10.30 pagi aku berangkat ke sana. Macetnya naudzubillah, apalagi di daerah Kalibata tuh. Kayaknya setengah jam sendiri dah di sana. Sampe akhirnya jam 11.45 aku nyampe disana. Pas masuk, aku disuruh pak satpam naik ke lantai 2, tepatnya ke ruang katalog buat nyari buku. Ada 2 katalog, katalog manual dimana ada laci banyak banget yang isinya judul, pengarang, sama topik buku semua yang pastinya banyak banget, sama ada katalog online, dimana kita bisa nyari buku apa aja, tinggal masukin kata kuncinya langsung klik. Kan aku nyari buku tentang budaya politik, jadi musti buka laci yang depannya ada tulisan "POL", pas aku cari eh ga ketemu. Makanya aku cari di laci yang tulisannya "BUD" eh malah tambah ga ketemu aja tuh buku. Aku nyerah dan langsung cari buku di katalog online. Resultsnya ada 4. Aku klik aja data bukunya. Eh malah ga ada. Aku langsung nanya ke masnya, kok ini ga ada data bukunya (maksudnya ga ada terbit tahun berapa, dan gimana-gimananya buku itu, cuma ada judul sama pengarangnya doang)? Masnya bilang, coba cari tuh judul buku di katalog manual, yang isinya tuh kaya kertas-kertas kecil, isinya sekumpulan daftar judul buku yang udah disusun rapi sesuai abjad, dan GA BOLEH DICABUT. Aku cari lah kertas yang isinya judul buku itu di katalog manual, akhrinya ketemu, DAN BODOHNYA SAYA MENCABUTNYA. Untung masnya baik, ga marah, padahal sebelumnya udah dibilangin tuh jangan dicabut. Aku langsung minta maaf gitu kan ke masnya. Kata masnya gapapa kok, ntar disusun lagi. Abis itu, masnya nulis informasi buku itu ke kertas yang udah disediain, buat dibawa ke lantai 3, dimana kita bisa baca bukunya, tapi sayang ga boleh dibawa pulang, huhuhu.

Petualangan berlanjut ke lantai 3. Aku langsung masuk ke ruang B di sebelah kiri, soalnya buku yang aku cari ada di ruang B. Disana, aku langsung nunjukkin kertas yang ditulis mas yang tadi ke pustakawannya, biar langsung dicariin buku. Sambil nungguin buku, aku liat suasana perpustakaan, ternyata, yang namanya Perpustakaan Nasional ga sepi-sepi amat tuh. Lumayan rame, ga terlalu hening juga. Buku pun sampai di tanganku, aku disuruh nyerahin kartu pelajar ke pustakawannya. Aku baca tu buku, reaksi pertama langsung deh : NI BUKU UDAH TEBEL ISINYE KAGAK SESUAI YANG GUE MAU PULA!!! adanya cuma demokrasi pancasila gitu pas orde baru. Not bad lah, yang penting ada lah salah satu dari poin-poin yang aku sebutin di atas yang keisi. Masa udah jauh-jauh dateng ga dapet manfaatnya sih. Percuma dong. Terus, aku tanya ke pustakawannya, bukunya bisa dipinjem ga? Katanya ga bisa, soalnya perpustakaan ini sifatnya tertutup, kalo yang mau bukunya bisa dipinjem, ada perpustakaan nasional yang satu lagi, bukunya bisa dipinjem. Untung aja disini bukunya bisa difotokopi. Ya aku fotokopi aja deh bukunya, ga semuanya sih, cuma beberapa bagian yang penting aja. Terus ada pustakawan satu lagi yang baru masuk nanya-nanyain aku sama mamaku gitu. Aku cerita panjang lebar semuanya kenapa aku bisa sampe ke perpustakaan ini. Dan dia minta nomer HP mamaku, dia mau bantu aku nyariin buku tentang 6 poin diatas itu. SPONTAN AKU SENENG BANGET DONG!!!!!! Dia ngerti gimana pusingnya aku pas nyari buku di katalog online saking udah puyengnya kalo aku nyari di katalog manual. Soalnya kata dia ada masih banyak buku yang belum masuk katalog online, kali aja masih banyak buku-buku yang berkatian dengan itu di rak buku-buku lama di lantai 5. Janjinya dia ya, dia mau nelpon ke mamaku kalo bukunya udah ketemu, biar ntar aku bisa kesana buat baca dan fotokopi tu buku. Abis itu selesai deh petualangan di perpustakaan yang capek tapi seru, sekalian nambah pengalaman baru.

Abis dari perpustakaan, aku ga langsung pulang. Tapi ke Grand Indonesia dulu buat ketemu mba Lia sama mas Hasim alias Hazeem Reborn kalo di FB-nya. Mas Hasim itu staff baru di kantornya mama. Udahlah basa-basi ga penting. Terus aku sama mama duluan masuk gedung, dan makan di food court yang di West Mall. Aku makan Tenderloin Steak yang mahalnya setengah mati tapi sama mama akhirnya dibolehin soalnya jarang makan tenderloin. Mama makan sushi apa gitu lupa namanya yang ada salmon-salmon gitu didalemnya. Belinya di Poke Sushi. Mama mesennya lama banget sampe aku selese makan ga selese-selese tuh mama mesennya. Lebay sih, tapi ya namanya juga kenyataan. Pas mama ampir selese makan, barulah mba Lia sama mas Hasim dateng. Mereka mesen menu yang sama : Chicken Steak. Udahlah kita makan-makan, ngobrol sampe lama banget, dan saya pun bosan. Untung mama bawa BB jadi bisa online online....online online. Oiya tadi juga ada Irgi sama Afgan disana. Makanya, pas tadi ada Afgan orang-orang pada diam dan mengentikan langkahnya. Aku disuruh foto, tapi ogah. Sampe akhirnya jam 3-an aku pulang ke rumah.

Jadi pengen nih jalan-jalan lagi, hahaha.

6 komentar:

Maradewi Maksum mengatakan...

enak bangeeeeeeeeeeet aku pengen deh ke perpus nasionaaal :(

Rizupika mengatakan...

ugghh!!!!saya jadi mau jalan2 ke perpus nasional nih!!sepertinya aseeek~~~*dance*

Laras mengatakan...

hahaha asik tauuu kesana deh sebelum nyesel!!!

Anissa mengatakan...

laras ya? ini sarah hehe. di google emang beneran ngga ada jawabannya ya? kamu akhirnya dapet? enak bangeeeeeeeet

Laras mengatakan...

iya, ini laras. sarah, kok lo tau sih gue punya blog? (pertanyaan yg seharusnya ga dijawab). di google susah bgt nyarinya, ini juga dapetnya yg orde baru doang, sisanya gue ngarang...

Anissa mengatakan...

haha tau dong :p oh gitu yaa, oke deh gue juga ngarang hahaha