Laman

Sabtu, Agustus 01, 2009

Sekilas Info : Echinacea (Imboost, Imunos, Stimuno, dsb) Bukan untuk Jangka Panjang

Banyak orang tua yang pastinya ingin agar anaknya selalu sehat, sehingga berusaha meningkatkan daya tahan tubuhnya. Tapi yang perlu diingat, peningkatan daya tahan tubuh tidak selalu harus mengkonsumsi obat-obatan atau vitamin. Yang paling penting justru makan makanan bergizi dan vitamin alami, terutama vitamin C (untuk daya tahan) seperti jeruk, sunkist dan sebangsanya. Jika terpaksa, baru kita berikan vitamin atau multivitamin. Sekarang juga banyak iklan obat-obatan untuk peningkatan daya tahan tubuh seperti imunos, stimuno, imboost, dan sebagainya yang semuanya berbahan dasar Echinacea. Mungkin yang tidak disebutkan, bahwa penggunaan Echinacea tidak boleh dalam jangka panjang dan bukan untuk pencegahan melainkan untuk penyembuhan.. Atau kalo anak udah mulai bersin-bersin, mulai keliatan lemes, silahkan diberi echinacea. Tapi kalo dia udah sembuh, stop aja ya.. karena echinacea yang terus menerus justru bisa melemahkan sistem imun anak kita.. Ini ada artikelnya, silahkan dibaca ya------

Echinacea: Tumbuhan Alternatif untuk Kesehatan

Echinacea atau purple cone adalah genus dari tanaman yang banyak tumbuh di daerah Amerika Utara dan Eropa. Tumbuhan ini telah lama digunakan sebagai obat khususnya bagi suku asli Amerika untuk mengobati berbagai penyakit dari infeksi sampai gigitan ular. Echinacea yang beredar sekarang ini terdiri dari Echinacea purpurea, Echinacea angustifolia, dan Echinacea pallida. Ekstrak Echinacea dalam bentuk cair yang sekarang banyak beredar merupakan ekstrak dari akar Echinacea purpurea. Common cold, influenza, dan infeksi pernafasan lainnya merupakan penyakit yang sering menyerang tubuh kita, baik yang sudah dewasa dan terlebih lagi pada anak-anak. Hal ini mendorong kita mencari suatu alternatif untuk mengurangi dan meringankan keadaan tersebut. Echinacea diyakini memiliki berbagai fungsi yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain:
• Meningkatkan sistem imun untuk melawan infeksi
• Mencegah dan mengobati influenza, common cold, bronchitis, dll
• Pendapat lainnya mengatakan bahwa Echinacea dapat mengobati luka pada kulit dan permasalahan kulit lainnya seperti jerawat dan bisul.

Kemampuan Echinacea untuk meningkatkan sistem imun merupakan manfaat yang sangat dijual karena Echinacea dapat meningkatkan sistem imun non spesifik yaitu dengan mengaktifkan interferon, fagositosit, aktivitas respiratorik sel, juga mengaktivasi limfosit melalui pelepasan tumor nekrosis faktor, interleukin-1 dan interferon beta-2.Dari hasil penelitian didapatkan bahwa Echinacea dapat digunakan sebagai terapi terhadap penyakit dan bukan sebagai pencegahan.Melalui eksperimen yang mengujicobakan penggunaan Echinacea terhadap paparan Rhinovirus - virus yang merupakan penyebab utama common cold, didapatkan bahwa pasien yang mengkonsumsi Echinacea tidak memiliki efek yang signifikan dalam mengurangi bahaya terinfeksi Rhinovirus. Echinacea tidak menurunkan insiden terhadap penyakit. Tumbuhan ini juga tidak menyembuhkan common cold atau influenza tetapi hanya meringankan gejala dan mengurangi durasi penyakitnya saja.Echinacea relatif aman untuk dikonsumsi, namun terdapat efek samping minor seperti mual, pusing, angioedema, reaksi alergi bila orang yang mengkonsumsi mempunyai alergi terhadap Echinacea itu sendiri. Penderita asma umumnya lebih sensitif terhadap Echinacea.Echinacea tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi wanita hamil, penderita TB, penderita penyakit autoimmune seperti SLE dan juga penderita HIV AIDS. Pada penderita HIV AIDS ditakutkan terjadi eksaserbasi dan peningkatan penumpukan virus (viral load).Echinacea juga tidak boleh digunakan dalam jangka waktu panjang yaitu tidak boleh lebih dari delapan minggu karena dapat menyebabkan sistem imun tubuh menjadi menurun. Echinacea hanya mempunyai efektivitas pada pemberian 1-2 minggu.Di Indonesia terdapat juga tanaman Phyllantus niruri yang mempunyai khasiat seperti Echinacea yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Bebeda dengan Echinacea, Phyllantus niruri ini aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang.Echinacea kini dipakai sebagai salah satu alternatif dalam bidang kesehatan. Akan tetapi, hendaknya penggunaan obat-obat ini tetap dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter supaya penggunaannya menjadi tepat guna dan tepat sasaran.

Sumber:Turner, Ronald B., Rudolf Bauer, Karin Woelkart, et al. New England Journal of Medicine vol 353 no 4 : “Echinacea Treatment of Experimental Rhinovirus Infection”. 2005

7 komentar:

mega.phan mengatakan...

thx banget ni buat info nya, pas banget aku baru aja beli IMUNOS, dan bingung cara pemberian nya utk anak ku yg 1 tahun. biar jangan sering flu.

Anonim mengatakan...

Klo mau tulis artikel di cek dulu semua detail ya, karena STOMUNO ITU BAHAN MAKU MENIRAN, BUKAN ECHINACEA. COBA DEH : WWW.STIMUNO.COM. INI SUDAH TERBUKTI AMAN JANGKA PANJANG

Anonim mengatakan...

Anonim 11 Mei 2011 kok iklan banget sih

Anonim mengatakan...

y btul STIMUNO itu dr ekstrak meniran {pyllantus niruri} bkn echinacea,...jadi bnar2 aman tuk jangka pnjang.btw yg bner donk klo bkin artikel !eapen

www.cring-miracle.blogspot.com mengatakan...

Echinacea memang klo untuk jangka panjang tidak bisa, namun Stimuno itu kandungannya Meniran , Anak saya Minum Stimuno tiap hari sudah 6 bulan malah jarang sakit dan dia suka rasanya yang grape .. Coba beli deh klo gak percaya Meniran ( Pilantus niruri )

Ngurah mengatakan...

thank for give information ..

Putra mengatakan...

boleh nanya?
kalo bahan imunos itu Echinacea atau Pilantus niruri?