Laman

Jumat, Januari 14, 2011

Yang Ngerti Biologi & Agama (khususnya Islam) Masuk!!!

Let me begin this note with saying :

Bismillahirrahmanirrahim


Jadi begini ceritanya sodara-sodara.
Tadi kan di sekolah ada pelajaran Biologi, (masih) ngelanjutin bab Evolusi. Pas di tengah pelajaran gurunya ngomong yang kira-kira intinya gini lah (pas dia nyeritain soal ini dia SAMA SEKALI GA ADA MAKSUD kok buat SARA or ngajarin kita kafir atau gimana) :

Menurut Biologi atau Evolusi atau Sejarah atau apalah itu, yang dimaksud dengan MANUSIA PURBA adalah manusia yang belum seperti kita sekarang ini, maksudnya dia belum bisa berbicara yang pake bahasa, masih uu aa uu aa gitu lah ngomongnya, peralatan yang dia pake masih kasar, belum beradab, pokoknya yang ga kaya manusia sekarang lah.

Sedangkan menurut Agama, kan manusia yang pertama kali diciptakan adalah Nabi Adam. Pas diciptakan itu sama ngga perilaku Nabi Adam dengan manusia-manusia purba gitu, yang ga beradab? Ya ngga sama lah. Secara dia Nabi, menyebarkan ajaran kebaikan, pastinya beradab dong. Nabi Adam ngomongnya uu aa ga pake bahasa gitu ngga? Ya ngga juga lah.

Sekarang yang bikin aku bingung tuh gini. Kalo misal kata Biologi itu MANUSIA PURBA yang pertama kali ada di bumi itu yang perawakannya kaya monyet, sikapnya kaya binatang, belum beradab, belum bisa ngomong pake "bahasa" yang semestinya. Nah terus, Nabi Adam diciptainnya kapan? Sebelum manusia purba yang belum beradab itu diciptain? Kalo misal setelahnya, ga mungkin juga dong kalo dipikir secara agama, Adam itu manusia pertama yang Tuhan ciptakan. Kalo misalnya ada manusia purba sebelum Nabi Adam, terus baru Nabi Adam diciptain, berarti Nabi Adam pas turun ke Bumi bukan manusia pertama lagi dong...dan bisa jadi dianggep "punya orang tua". Padahal kan secara agama, yang namanya manusia pertama, diciptain langsung sama Tuhan dong, ga punya orang tua, alias bapak dari segala bapak.

Apa dalam Biologi itu manusia purba yang ada itu dianggap "bukan manusia" di mata agama alias masih makhluk primata jaman itu? Apa definisi manusia di mata agama adalah ya...inggrisnya Man lah, dia punya fisik, sikap, yang selayaknya memang manusia beneran, ga bersikap kaya manusia purba onoh. Apa jadi pas manusia purba itu udah turun ke Bumi Nabi Adam masih di surga terus dia baru diturunin setelah eranya manusia purba abis?

Aku rasa, dari semua ini, kayanya ada yang "miss" deh. baik di segi Biologi maupun Agama. Soalnya ya, ga ada yang tau secara pasti semuanya kaya gimana, kecuali Tuhan.

Sorry yang kebingungan baca postingan ini, maklum saya tidak mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar hehe.

Yang mau komen silakan kasi pendapat yang logis, jangan OOT, ngajak berantem apalagi SARA.

Makasih semuanya :D

2 komentar:

Ikmalia Anindita mengatakan...

aku dulu juga sempet mikir gitu ras, dan ampe skarang masih jadi kontroversi gitu kan?

Laras mengatakan...

yups, makanya aku bingung & ngepost kesini, kali ada yg bs kasi pendapat lain