Laman

Rabu, Juli 27, 2011

Perjalanan Panjang Menuju FKUI

Akhirnya ada inspirasi juga buat ngepost. Udah dari kemaren-kemaren sih mau nulis ini, tapi lupa terus. Kali ini aku mau cerita seputar perjalanan panjang aku menuju Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Selamat membaca!!!

Aku mutusin buat ngejadiin FKUI sebagai tempat aku belajar untuk merajut masa depan alias benang kehidupan *tsaah* sejak kelas XI semester 1 akhir. Kelas XI semester 2 mulai cari-cari bimbel, banyak pilihan sih ada BTA, Inten, Primamedika, GO, SSC, dll. Tadinya mau Primamedika, rada tertarik gara-gara cerita temen katanya banyak yang diterima FKUI dari situ. Terus cari-cari info Primamedika. Udah dapet, tapi masih bingung. Sekitar awal Maret apa April 2010 gitu BTA buka pendaftaran, ya udah daftar BTA dulu aja.

Masuk kelas XII, udah mulai ngulang-ngulang pelajaran kelas X sama XI yang udah bener-bener di awang-awang, ga ngerti apa-apaan, pokoknya blank banget deh. Pas minggu awal kelas XII, hari minggunya langsung ke toko buku, beli berbagai macam buku yang lumayan penting buat nguasain dasar-dasar pelajaran kelas X-XII. Nih bukunya :

1.Tips n Trik


Yeah, ini buku bener-bener must have banget buat bantu nguasain dasar-dasar pelajaran. Aku punyanya yang Fisika, Matematika, Kimia sama Bahasa Indonesia. Buat contoh kasi fotonya yang Matematika aja ya. Ini buku emang susah banget dicari di kebanyakan toko buku. Aku beli bukunya di Gramedia Depok itu juga tinggal dikit gitu stok nya. Di Eureka juga biasanya ada sih. Menurut aku, buku ini asik buat dibaca berkali-kali, soal latihan sama contohnya juga ga 'serem'. Pokoknya mantep lah ni buku (Y)

2. Rangkuman Biologi SMA



Salah seorang temen aku bilang buku ini isinya 'kosong' banget. Iya sih emang kosong banget, wong plantae aja kagak ada, adanya cuma siklus lumut paku blablabla. Tapi ni buku bener-bener asik banget buat para 'pemula'. Pemula yang aku maksud disini adalah, anak kelas XII yang udah lupa sama semua pelajaran kelas X & XI, dan ingin belajar lagi. Dan buat yang udah jago, ni buku juga bermanfaat buat nginget-nginget hal kecil yang sering dilupain *tsaah*.

3. Buku Bahasa Indonesia BTA

Sorry, no pic. Buat yang anak BTA Group (kecuali BTA abal-abal) pasti dapet ni buku. Buat anak luar ya, cari sendiri, fotokopi temen kek apa kek pokoknya dapet :p . Ni buku bener-bener asik buat dibaca sampe berulang-ulang. Dan itu lumayan ngefek ke kemampuan berbahasa Indonesia aku selanjutnya *walaupun ilmunya rada nguap pas SNMPTN gara-gara soalnya kaya koran*.

4. Buku Bahasa Inggris Inten

No pic again. Buat anak Inten cabang manapun pasti dapet ni buku. Sama kaya buku BTA, asik banget dibaca, tadinya ga suka grammar jadi suka banget sama grammar. Sayang soal SNMPTN 2011 berkata lain, bahasa Inggris yang harusnya naikin nilai malah nurunin nilai :( :( :(.


Dan masih banyak buku bagus lainnya yang aku punya, tapi ga semuanya bisa ditulis disini, kepenuhan nanti hehe. Beli buku kumpulan soal-soal juga bagus sih, buat latihan. Tapi aku saraninnya jangan kebanyakan beli, ujung-ujungnya ga bakalan diisi, cuma menuh-menuhin kamar, serius deh. Dan jangan sekali-sekali ngapalin soal, ngapalin cara, ngapalin jawaban. Ga bakalan kepake pas SNMPTN, soalnya beda drastis tis tis tis. 

Semester 1, fokus belajarnya ke arah SIMAK UI, belajar IPA terpadu yang susah parah pula. Pokoknya semua tenaga dan pikiran dikerahkan agar bisa lolos SIMAK UI. Ini list 'program kerja' 2011 saya (masih ngacu ke 2010) :

Ikut tes (dan ambil kalo diterima) :
SIMAK UI, milih Pendidikan Dokter & Ilmu Komputer, 2-2 nya reguler
UMB, milih Pendidikan Dokter UI
SNMPTN, milih Pendidikan Dokter UI

Ikut tes (buat iseng, uji nyali, kemampuan dan latihan) :
USM ITB, milih STEI, FTI, FTTM (3 jurusan yang dimataku paling susah ditembus di ITB)
UM UGM, milih FK UGM
SMUP, milih FK UNPAD
dan UM UM lainnya, milih FK semua, buat patokan paling susah aja :P

Pokoknya belajar, belajar dan belajar terus. Sampe beli CD Zenius asli yang 800 ribuan biar bisa belajar. Rada telat sih belinya, sekitar bulan November-an, 5 bulan sebelum SNMPTN. Sampe akhirnya, end of 2010 is coming, dan muncul rumor SIMAK UI ditiadakan. Langsung sedih, galau, gundah, labil, bener-bener gatau mau gimana, belum ada persiapan sama sekali buat SNMPTN, belum belajar TPA secara fokus, belum siap ngerjain 15 soal Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi dalam 1,5 jam................galau parah pokoknya. Dan aku nyoba-nyoba ikut tes di salah satu PTS yang memiliki Fakultas Kedokteran terbaik. Eh ga taunya, ga diterima.

Tahun 2011, semester 2 kelas XII telah tiba, dan aku harus move on, ga boleh galau lagi. Dan sedikit lega juga, jadinya tetep ada SIMAK tapi bulan Juli. Semester 2, perlambang belajar lebih serius lagi menjelang UN & SNMPTN, aku ikut bimbel lagi di Inten Tebet. Hari-hari jadi semakin padat tapi tetep happy kok. Pertengahan Januari, ikut lagi tes di PTS yang sama kaya tahun kemarin, eh ga taunya diterima, tapi ga diambil, bayarannya itu loh ga ga kuat. 

Jalur masuk PTN pun berubah lagi. Awal Februari pendaftaran SNMPTN Undangan Perkimpoian sekaligus malam pertama kedua mempelai dibuka, dan aku harus nyiapin berkas rapor karena aku ikut undangan. Dari awal sebenernya udah pesimis, nilai ancur-ancuran, rapor belang gara-gara pindahan, rasa ga pengen ikut, tapi tetep aja disuruh nyoba untuk ikut, ya udah lah aku ikut, daripada kena marah mama.

Dan SNMPTN undangan itu, ga taunya daftar ulangnya barengan SNMPTN tertulis. Ya udah aku pilih 1 aja deh, biarpun seluruh dunia sebenernya pada nentang, berantem sama mama gara-gara maunya cuma FKUI, ga mau FKUGM atau FK lain. Tapi apa boleh buat lah, daripada diterima di pilihan kedua tapi ga ikhlas. Saya memilih FKUI :)

Maret udah mulai sibuk sama persiapan UN, dan April UN tiba. Tentang UN selengkapnya bisa dilihat disini. UN kelar, fokus lagi buat belajar SNMPTN, intensif, intensif, intensif di 2 bimbel. Setiap hari diisi dengan belajar dan terus belajar. Blog ini sampe dikorbanin. Yang biasanya sebulan ngepost>10, sekarang cuma bisa diitung dengan jari. 

Sampai hari yang waktu itu sangat aku tunggu-tunggu tiba, 18 Mei 2011. Pengumuman SNMPTN Undangan, dan hasilnya adalah :

Maaf, Anda belum berhasil dalam seleksi SNMPTN Jalur Undangan 2011.

Selengkapnya baca disini. Sempet galau sih untuk beberapa hari kedepan. Aku kira bimbel bakal sepi, suasana jadi hambar dll. Ga taunya, banyak temen yang senasib. Jadinya kita semua tambah semangat buat ngadepin SNMPTN tertulis. Langsung move on, belajar lagi, ngejor lagi, pokoknya semangat yang membara itu muncul lagi lah sampe tanggal 31. 

31 Mei 2011. Ujian SNMPTN 2011. Aku ga mau cerita banyak tentang ini, yang jelas soalnya ya begitulah. Tips buat semuanya, jangan tidur terlalu malem, jangan banyak belajar H-1 (dan saya melakukan ini, dikiranya soal SNMPTN bakalan sama kaya soal bimbel), minta restu orang tua, jangan lupa sarapan dan berdoa sebelum tes.

Beberapa hari setelah SNMPTN, aku ngitung skor aku sendiri. Dan hasilnya, tinggi sih, lebih tinggi dari nilai TO bimbel yang biasanya aku ikutin. Tapi, ga nyampe PG nya. Sempet nangis, down sampe 2 minggu, semangat buat SIMAK udah abis. Tapi, 2 minggu sebelum pengumuman, aku jadi biasa aja. Pokoknya sabar-sabar aja menanti 29 Juni itu. Ga ada perasaan apa-apa, cuma banyakin ibadah dan belajar buat SIMAK. H-3 2 1 juga biasa aja. Cuma berharap yang terbaik dari Allah. Dan ternyata yang saya dapat di tanggal 29........................alhamdulillah, Allah kasih yang terbaik buat aku. Selengkapnya disini. 

Ok, sekian postingan tentang perjuangan saya kali ini. Intinya, jangan pernah ragu sama kuasa Allah. Jangan lupa banyak doa dan usaha. Percayalah, setiap orang punya hokinya masing-masing, dan letak hokinya itu beda-beda. Banyak temen aku yang biasa-biasa aja, tapi tembus di jurusan-jurusan dewa. Sebaliknya, beberapa temenku yang 'dewa', malah dapetnya jurusan yang dipandang orang biasa banget. Aku juga bersyukur, 8 2011 banyak yang diterima di perguruan tinggi, udah 96,05% loh, semoga nanti bisa nyampe 100% amin ya robbal alamin. Sekian dulu ya, bye!!! :*

21 komentar:

Anonim mengatakan...

Emang nilainya waktu ngitung snmptn brp?

SBMPTN mengatakan...

perjalan yang panjang dan banyak manfaatnya itu..

Noval ipa 6-17 mengatakan...

Kak kalo belajar pake zenius net doang gmna ? Udah ckup blm mohon bantuanya ya ka

Laras mengatakan...

halo noval :)
sebenernya yang tau cukup apa ngga sih diri sendiri ya...agak susah kalo aku mau bilang cukup apa ngga soalnya kamu yg lebih tau kebutuhan kamu
kalo aku sendiri ngerasanya ga cukup soalnya tetep aja sifatnya 1 arah gitu kita cuma nonton video terus ya ngerti...ga ada yg ngajarin langsung haha

ratih-chan vegretta mengatakan...

Hai kaaak mau nanya dong tipsnya untuk masuk fk sama primamedika itu dimana ya kaaaak??? Butuh banget niih kaaak thx beforee

Laras mengatakan...

halo ratih
sebenernya tipsnya....aku ga jago ngasih tips soalnya apa yg kubilang semua orang pasti bilang...
intinya banyak belajar tapi jangan sampe stres juga...sesuatu ga akan membuahkan hasil kalo kamu ga usaha...
aku dulu ikut bimbel 2 sm sering belajar sendiri aja dirumah biar banyak latihan soal tp yg bs nilai cukup apa ngganya kamu butuh bimbel banyak atau belajar sendiri banyak ya diri kamu sendiri hehe
primamedika di daerah kebayoran jakarta selatan

good luck ☺

Anonim mengatakan...

ui masih 'rasis' gak sih ?
kalo masih, mau ngapa2in juga percuma

Syifa Aulia (Kak Cipa) mengatakan...

bener banget kak :")
kuasa allah
yang penting kitanya doa sama usaha...
aku bukan di ptn dan jurusan favorit, sih, tapi itu aja kemarin aku udah ngerasa "kalo gue diterima pilihan pertama, itu keajaiban dari allah"
alhamdulillah. btw aku tahun kedua kak, tahun kemarin aku milih jurusan itu juga, tapi pilihan kedua. tahun 2015 ini aja pilihan pertama, hehe.

Cynthia Putri mengatakan...

halo kak aku mau nanya, inten tebet itu dimana nya ya? soalnya aku cari di google ga ketemu alamat atau nomor telfonnya. terima kasih :)

Laras mengatakan...

halo cynthia maaf baru bales komen
aku googling nemu sih :

Jl Tebet Timur Dalam IJ No.10
Jakarta Selatan
Telp : 021-8290326

kalo yg IPA di tebet timur dalam 2G...ngecek dari foursquare ini

tapi kalo alamatnya ganti aku ngga tau deh...pokoknya kl ga salah itu dulu deket rumah malinda dee apa siapa gitu yg terkenal, lupa

Anonim mengatakan...

waduh salah tuh Laras (gak pernah main ke inten lagi ya), alamat Inten Tebet kan sudah 2 tahunan pindah ke Jl. Tebet Barat dekat SMAN 26, no Telp Inten Tebet sekarang: 021-83782229.

Laras mengatakan...

hai anon makasih ya infonya harap maklum lulus SMA udah lebih dari 4 tahun yang lalu hahaha udah tua nih

giorgino putri mengatakan...

Kak inten tebet bagus gak sih?

Anonim mengatakan...

Kak inten tebet bagus gak sih? Sama kayak cabang lain apa gak?

Laras mengatakan...

hai giorgino dan anon
pas jamanku sih bagus...kalo sama cabang lain paling beda gurunya sih tp semua guru di semua cabang bagus semua kok setauku

Anonim mengatakan...

Itu yg les 2 bimbel sekaligus ambil intensif aja atau emang les dr awal tahun ajaran? Kira-kira kalo ambil intensif aja dibarengin dengan zenius.net cukup tidak kak? Trimakasi

Noah Imanuel mengatakan...

Kak mau nanya ada ga ya trik bljr di bta , kan bahannya byk bgt tuh , perlu review tiap hari ga ya , skrg aku di BTA 45 nih kak

Anonim mengatakan...

Halo kak , aku mau nanya nih kan aku be masuk BTA 45 br 2 minggu aja pljrnnya udh byk bgt jd kyk byk lupa gt kak. Kakak ada tips ga buat bljrnya gitu kyk hrs review tiap hari atau gimana sm nabrak ga sm pljrn skolah. Makasih kak !

Laras mengatakan...

hai Noah dan anon sori bgt baru bales...pertanyaannya mirip2 ya...triknya sih harus ngerti semua materi dulu baru lanjut belajar soal...jangan belajar soal dulu tanpa ngerti materinya yg ada nanti kesulitan sendiri

cicil mulai dari pelajaran yg blm dikuasai dulu

Anonim mengatakan...

Halo kak saya nanya dong: rasanya bimbel di dua tempat itu gimana sih? Terus kakak mulai bimbel di dua tempat itu gimana? Saya galau nih mau ngambil bimbe kedua Makasih kak sebelumny

Laras mengatakan...

hai anon maaf baru bales

rasanya ya sibuk, capek, krn pagi di 1 tempat siang di tempat lain tp ya namanya mau ngejar impian secapek apapun kudu dijalanin kl niat haha
aku mulai 2 bimbel pas smt 2