Laman

Selasa, Juli 24, 2012

5 Keuntungan dan Kerugian Tinggal Satu Atap Bersama Saudara

Halo semuanya!!! Lagi iseng aja pengen ngepost ginian udah lama ga cerita. Sebagai orang yang pernah lama 'tinggal' serumah sama saudara (bukan tinggal sih tapi lebih ke nginep tiap hari hahaha) tentu banyak pengalaman dong yang didapet mulai dari suka sampe duka. Langsung aja ya ke keuntungan sama kerugiannya :)

Keuntungan

1. Ada yang bisa diajak ngobrol

Biarpun punya orangtua, biarpun punya kakak, tapi kan ada hal yang lebih enak buat diobrolin sama saudara. Kalo udah kumpul semuanya tuh rasanya seneng, bisa cerita-cerita bahkan bisa sampe ngakak-ngakak sampe malem pokoknya itu tuh momen yang indah banget dan ngebuktiin kalo bahagai itu bener-bener sederhana.

2. Rumah selalu rame

Kalo pulang sekolah dulu *berasa tua* pasti entah di luar ada yang main sepeda, di dalem ada yang nonton TV, makan, dll. Seakan-akan rumah ga pernah sepi biarpun penghuni aslinya lagi pada pergi. Pas lagi ga ada kerjaan juga jadi otomatis ada 'kerjaan' yaitu ngobrol-ngobrol sama sodara itu sampe lupa makan lupa minum asal jangan lupa belajar aja hahaha.

3. Membangun rasa empati

Ternyata yang namanya empati ga cuma bisa didapet dari jadi relawan di RSCM terus bikin refleksi loh ha ha ha. Dengan adanya sodara di rumah, secara ga langsung melatih empati juga soalnya mesti perhatian, ga boleh egois, diajak main, ajak ngobrol, kalo pergi keluar beliin sesuatu kaya makanan kek, apa kek, secara mereka juga suka beliin aku macem-macem ga salah dong bales budi. Intinya peduli terhadap sesama lah, aku pernah denger tuh hadits kalo ga salah bilangnya yang pertama dibantu tuh kalo bisa saudara sendiri dulu baru orang lain. Kalo kita susah kan yang bantu pertama juga saudara sendiri soalnya merekalah yang paling deket dan punya hubungan darah sama kita.

4. Punya role model

Role model yang baik tentunya, bukan yang buruk. Contoh baiknya dari hal yang kecil-kecil aja, misalnya pada ngucapin salam, nawarin makan kalo lagi makan, nyapa, ngajak main, pokoknya hal-hal simpel aja lah yang bermakna buat mereka. Dan sekaligus juga bisa jadi ajang memperbaiki diri.

5. Saling membantu

Ini dia salah satu yang paling top. Saling membantu ya dalam hal apa aja, misalnya bantuin ngajarin bikin PR, bantuin kalo ada masalah semampu kita, bantuin beres-beres, ngambil-ngambil, pake kesadaran sendiri lah. Pekerjaan berat jadi ringan kan kalo pada saling tolong menolong? :)

Kerugian

1. Mau ngga mau jadi ikut tau dan terlibat

Setiap orang pasti punya masalah kan, termasuk sodara sendiri yang tinggal dirumah. Masalahnya bisa sama siapa aja, mulai dari sodara sendiri sampe orang lain. Tiap ada masalah hendaknya diomongin sama-sama dong. Kita yang ga tau apa-apa akhirnya jadi tau hal yang seharusnya gpp kalo kita ga tau dan paling parahnya lagi bisa disalah-salahin sama ortu padahal ga ngapa-ngapain!!!

2. Akibat dari masalah yang menimpa orang tidak bersalah

Gara-gara ada sodara yang bikin masalah dirumah pada jaman dahulu kala, rumah ini sampe bener-bener kena teror loh. Ditelpon terus malem-malem tapi pas diangkat ga ada suaranya. Mama, pembantu, sama tante di sms in terus dengan isi yang udah jelas-jelas fitnah. Lo bermasalah sama siapa tapi nyelakain siapa, bener bener dah!!!

3. Ter-distract kalo belajar

Rumah rame, banyak sodara, tentu saja godaan buat ngobrol dan main semakin banyak dong. Otomatis, kita yang tadinya mau belajar malah jadi main dan ngobrol. Kebablasan sampe malem, belajarnya malah ga jadi dan makin males-malesan.

4. Ngerasa hampa kalo ga ada

Sodara juga ga selamanya di rumah dong, mereka juga punya kerjaan dan urusan lain. Kadang-kadang nih mereka kan suka pergi, dan aku nyariin. Eh ga taunya pada ga ada. Jadi ngerasa kesepian lah yang biasanya rame ini malah jadi sepi.

5. Ghibah dan Negative Thinking

Ini adalah imbas dari kerugian nomor 1 dan nomor 2, ada masalah, jadi tau macem-macem padahal ga ngerti akarnya, jadinya ya malah ghibah alias gosip padahal yang kita ngerti selama ini belum tentu bener. Gosipnya ya sama sodara lain yang nganggep si sodara yang bermasalah ini salah atau jadi akar dari masalah yang ada. Intinya kita jadi mikir negatif terus deh soal dia.

Ya, akhirnya selesai juga postingan ini semoga bisa jadi renungan buat kita semua *apasih* dan bisa mikir-mikir dulu kalo ada sodara yang mau tinggal bareng kita atau nginep dirumah dalam waktu lama. Tapi jangan main ngelarang juga kalo ada yang beneran mau hahaha. See you next post!!! :)

Tidak ada komentar: