Laman

Senin, Oktober 22, 2012

lembartugasmandiridotkodotaydi

Jadi ceritanya aku mau curhat soal akademis nih. Sebenernya sih udah pengen dari beberapa hari yang lalu tapi baru sempet posting sekarang.

Seminggu yang lalu, tepatnya pas diskusi I modul kulit, aku kebagian ngerjain LTM (buat yang belum tau, LTM itu adalah tugas yang isinya menjelaskan tentang suatu hal, semacam essay lah, terus pake referensi dengan sistem Vancouver) tentang biokimia kulit yang emang udah ada kuliahnya. Ngerjainnya ya susah-susah gampang lah. Pas diskusi II, pas ngejelasin, ternyata masih banyak hal yang membingungkan (aku sendiri pun juga bingung) dan kurang jelas. Bahkan yang harusnya dijelasin malah ngga dijelasin. Mana pas pleno besoknya aku yang kebagian presentasi dan pas ditanya materi yang berkaitan dengan LTM aku itu aku ngga bisa jawab sama sekali.

Dari dulu, aku tuh emang paling ngga bisa ngajarin orang sekalipun aku ngerti tentang apa yang aku ajarin. Pokoknya susah gitu buat sharing pengetahuan yang aku dapetin ke orang lain. Bukannya ngga mau, tapi susah, susah banget. Ngomong masih terbata-bata, public speaking ancur sudah. Makanya, aku selalu lama bikin LTM, lamanya itu karena aku berusaha buat bikin materi yang ga cuma aku yang ngerti tapi 9 orang temen sekelompok aku dan fasil juga ngerti. Kekurangan aku inilah yang bikin aku mutusin buat pindah seksi dari siepend Cakalang yang kerjaannya itu ngeliatin tentir sampe mata picek dan mastiin kalo ini bener, ini salah, ini perlu ditambahin, dll. Bikin ngerti 10 orang aja susah apalagi 228 orang (sekarang 227 gara-gara Syifa pindah :( )

Med school is hard enough but I must move on to survive *halah Inggris gua berantakan*. Dari modul ke modul aku terus belajar, gimana caranya bikkin LTM yang bagus, bikin orang ngerti biarpun aku tau itu ngga akan pernah sempurna. Ada sebuah pertanyaan yang aku pernah denger, mendingan kamu bikin sesuatu yang sempurna, semua orang ngerti dan ga ada yang nanya ke kamu atau kamu bikin sesuatu yang entah sempurna apa ngga tapi ada yang nanya atau kritik dan kamu seneng dengan pertanyaan atau kritikan itu. Aku ngga mau ngejawab disini, soalnya seringkali aku bikin yang ngga sempurna dan orang ngga ngerti. Ngga sempurnanya tapi yang buruk, yang kurang, yang jelek, yang ancur, dan ngga jelas.

Sekarang ini aku mau coba berubah, buang semua mindset negatif, entah hasilnya gagal apa ngga yang penting aku usaha dulu aja deh biar semua orang bisa dapet manfaat dari apa yang aku share.

Sekian curhat malam ga jelas hari ini, semoga abis ngepost ini aku ngga ngantuk secara masih banyak hal yang harus aku lakuin. Oiya besok opening Dekan Cup loh. Tahun ini 2011 yang nyelenggarain. Waktu cepet banget ya, secara baru tahun kemaren nari Betawi dan bikin performance spesial tak terlupakan bareng 2011 sampe dekan minta foto bareng kita sekarang udah jadi angkatan penyelenggara DC aja dan liat maba perform hehe. Wish us luck and see you next post!!! :D

Tidak ada komentar: