Laman

Senin, Januari 21, 2013

Menulis

Akhirnya semua tulisan-tulisan yang emang bener aku harus selesein selesai juga. Jadi, sekarang waktunya untuk nulis di blog. Di postingan ini aku pengen cerita soal sejarah ketertarikan aku sama dunia tulis-menulis *duh ga tau membahasakannya yang bener gimana*

Dulu, pas masih SD kelas 4, aku paling suka bikin komik. Judul komiknya Biiiiiiii (kalo ga salah sih "i" nya ada 8). Itu bener-bener abal banget bikinnya, gambar jelek ancur-ancuran, pokoknya parah deh. Biar jelek, tapi aku tetep bikin soalnya aku seneng berimajinasi, bikin cerita sendiri gitu di pikiran (sampe sekarang juga masih tapi males nulisnya hehe). Kebiasaan ini berlanjut sampe aku kelas 6. 

Pas SMP, lain lagi ceritanya. Jadi, guru Bahasa Indonesia aku, Bu Ike, idenya gila nih. Pelajaran Bahasa Indonesia itu bukunya ada dua, yang satu buku catatan sama latihan, yang satunya lagi buku tugas. Buku tugas ini bisa diisi macem-macem, kaya cerita, puisi, komik, pokoknya yang berkaitan sama Bahasa Indonesia deh. Dan nilai di buku tugas ini bisa buat nolong nilai ujian yang jelek. Sejak itulah aku jadi seneng nulis sampe udah 4 kali ganti buku tugas kalo ga salah. Bukunya juga masih ada sampe sekarang tapi udah di dus-in :( . Nih, salah satu cerpan (cerita panjang) fenomenal yang aku bikin, yang sebagian pengerjaannya dilakukan di buku tugas : http://a-story-bout-me.blogspot.com/2008/07/bundaku-disekap-ayahku-di-terowongan.html. Cerita ini dibikin sekitar awal tahun 2007, baru selesai pas kelas 1 SMA, tahun 2009. Pengen baca lagi deh jadinya haha. 

Pas masuk SMA, karena segala kesibukan yang ada, termasuk mengejar makara hijau, aku jadi jarang nulis. Nulisnya juga cuma sesekali di blog *sekarang jamannya dunia maya coy*. Terus yang aku tulis cuma apa yang terjadi aja, jarang banget bikin cerita baru. Ide ada sih sebenernya, tapi susah banget mau nulisinnya. Karena aku seneng nulis ini, aku sempet bercita-cita jadi jurnalis, biar tulisannya bisa bermanfaat buat orang lain.

Tulis-menulis di blog ini berlanjut sampe aku kuliah. Sejak masuk FKUI, aku udah ada niat buat serius di bidang menulis ini. Pas Mabim sempet bingung pengen ikut badan apa, hingga akhirnya aku menjatuhkan pilihan ke BEM, MA, sama CIMSA. Nah, MA ini, singkatannya Media Aesculapius, adalah satu badan di FKUI yang bikin surat kabar kedokteran dan kesehatan yang disebar ke seluruh Indonesia!!! Wow banget kan. Aku sempet ngebayangin gimana asiknya dan hecticnya kerja di suatu organisasi jurnalistik yang serius. Selama jadi PPAB, banyak banget yang aku pelajarin tapi sayangnya ga diterima masuk MA :) . Oiya, selain itu, aku juga ikut Korpus (Koran Kampus), suatu badan otonom yang bikin majalah gitu yang disebar ke seluruh FKUI. Korpus ini terbit dua bulan sekali. Aku disini jadi reporter, dan ga kerasa udah ampir setahun kepengurusan. Aku ngerasain manis pahitnya kerja di redaksi, dan banyak banget pengalaman baru yang aku dapet disini. Dan aku seneng, yang tadinya ga pengen regen jadi pengen regen di kepengurusan selanjutnya :).

Sekian dulu ya cerita tulis-menulis yang ga ada habisnya ini kalo semuanya dijeberin satu persatu. See you next post :)


Tidak ada komentar: