Laman

Jumat, Januari 11, 2013

SNMPTN 2011, Senam Otak Paling Paten!!!

Ini postingan lama banget sebenernya....

Di postingan kali ini aku bakal cerita seputar apa yang terjadi selama aku ikut SNMPTN 2011, dari tanggal 31 Mei 2011 sampai 1 Juni 2011.

Aku daftar SNMPTN tanggal 15 Mei 2011, 2 hari sebelum pengumuman undangan. Beli pin, daftar, milih FKUI doang yang sebenernya juga ditentang banyak kalangan karena milihnya cuma satu doang, dan voila, kartunya jadi!!! Ini dia penampakannya :


Setelah ga diterima undangan, aku langsung belajar abis-abisan buat SNMPTN ini. Dan kita sampai pada puncaknya (belom puncak juga sih). 30 Mei 2011. Paginya ke Inten dulu ada pengarahan sama doa bersama. Terus langsung capcus ke Hotel Borobudur buat...........ya nginep lah. Nginep? Why? Lokasi SNMPTN nya jauh banget dari rumah. Sesuai yang tertulis di kartu : SMKN 27, Jl. Dr. Sutomo Jakpus. Mau bangun jam berapa aye kalo perginya dari rumah? Keburu kesiangan kaleee.

Abis sampe hotel, langsung kaget. Sedetik abis aku turun, eh ada temen aku, dari kelas 1 SD sampe sekarang masih temenan, yaitu Fira, alias Sio. Ternyata dia nginep di Borobudur juga, dan tes SNMPTN di SMK 27 juga. Bener-bener ga nyangka bisa ketemu gini. Padahal dia ga bilang apa-apa sebelumnya sama aku. Selama hari itu aku main terus ke kamarnya, belajar bareng, ya pokoknya seru lah. 

Dan hari yang ditunggu-tunggu, alias 31 Mei 2011, akhirnya datang juga. Eh paginya pas breakfast ketemu 2 orang anak 8. yaitu Rana dan Rhya. Mereka tes di SMA 1, dan milih FK juga sama kaya aku, FKUI doang hahaha. 

Sekitar jam setengah 7-an, aku, mama, Fira, dan ibunya Fira langsung berangkat ke SMK 27. Pas di sana langsung ketemu Inggrit. Terus aku langsung ke depan ruang 12 buat nunggu sampe jam setengah 8 baru boleh masuk ruangan. Ternyata kelasnya ga ada AC nya, adanya cuma kipas angin, untung mejanya ga bolong-bolong. Setelah semuanya masuk langsung dibagiin LJK, suruh isi, dan pengawas ga ngasi tau ngisi pernyataan sama tanda tangan pake pensil apa pulpen. Ya aku isi pake pensil aja. Dan hal terparah di SNMPTN ini terjadi :

GA BOLEH PAKE JAM, BAIK ANALOG MAUPUN DIGITAL!!!!!!!!!!

Di kelas pun ga ada jam. Bener-bener ngga adil. Jadi ngerasa kesusahan sendiri pas ngerjain soal. Mana kurang waktu pula pas TPA belom meriksa sama sekali udah 5 menit lagi. Biarpun gitu alhamdulillah lumayan lah.

Jam 9 istirahat, langsung ngumpul bareng Inggrit, Dito sama Echa di deket ruangannya Inggrit. Ngobrol-ngobrol aja sih ngga belajar. Jam 10 kurang balik ke ruangan, ngerjain dasar. Eh baru dikasi tau sama pengawasnya kalo ngisi pernyataan harus pake pulpen.Ya sudahlah diisi tuh pernyataan pake pulpen. Dan kejadian terburuk pertama pas ngerjain dasar :

SEKOLAHNYA MATI LAMPU!!!!!!!

Udah ga ada AC, ga boleh pake jam, mati lampu pula, boro-boro bisa mengerjakan dengan tenang. Wong kepanasan gitu. Ada satu lagi kejadian buruk, yaitu kejadian buruk kedua :

SOAL SAYA LEMBARNYA KURAAANNGGG!!!!!!!!

Yang ini sih murni kecerobohan saya, lupa ngecek jumlah halaman. Tapi kan masa iya untuk "event" sebesar ini ada cacatnya. Panik sih ngga, tapi ya gimana ya...gitu deh. Akhirnya tu lembar soal dituker sama yang baru dan saya bisa mengerjakannya dengan leluasa ho ho ho. Tapi, tetep aja aku ngerasa waktunya kurang, belom meriksa apa-apa udah "5 menit lagi" aja. Ngeselin kan. Udah gitu soal bahasa Inggris ga ada grammarnya. Tapi ya gpp lah. Lupakan. Yang penting diterima FKUI!!

Pulang SNMPTN, langsung buka FB twitter plurk dan isinya......keluhan semua. Isinya macem macem. Ada temen yang ujian di SMK ** di Jakarta Timur, katanya pengawas baru masuk kelas pas jam 8 teng dan buka soal7 menit kemudian. Ada yang sekolahnya ga boleh pake papan jalan padahal mejanya bolong-bolong. Pokoknya kisahnya beraneka rupa deh. Tapi sih yang paling sering isinya tentang soalnya yang emang rada-rada stres haha. Setelah mengautiskan diri dengan dunia maya, aku terus belajar, belajar, dan terus belajar. Malemnya aku belajar bareng di kamar Fira. Belajar terus pokoknya, babat semua soal sampe teler.

Keesokan harinya, aku berangkat ke SMKN 27 dan paginya ngobrol-ngobrol bareng Fina, Inggrit, dan beberapa anak 8 lainnya yang tes disana. Jam setengah 8 aku masuk ke ruangan dan, ada satu trik yang aku lakuin sebelum masuk ruangan. Kan ga boleh pake jam tuh, jadi aku pinjem arloji punya mamaku dan aku masukin ke dalem rautan, kan gede tuh rautannya. Biar bisa liat jam, gitu.

Pas waktu udah dimulai, aku ngerjain soal dengan super pede biarpun Matematika IPA nya susah. Pokoknya dikerjain sepede mungkin. Alhamdulillah semua mapel dikerjain lebih dari 10 soal kecuali Mat IPA yang emang dari dulu udah susah. Intinya hari kedua ini ga se-zonk hari pertama lah.

Akhirnya waktu habis dan SNMPTN 2011 dinyatakan telah berakhir. Pas diluar ketemu seorang temen dan pas aku tanyain alhamdulillah hari ini lebih lancar dari kemarin. Aku langsung pulang ke hotel, dan bersenang senang.......sampai intensif SIMAK tiba :)

1 komentar:

Caca mengatakan...

Halo kak Laras, aku silent-reader blognya kakak sekaligus pejuang FKUI tahun dpn. Aku mau tau dari perjuangan kakak, sekeras apa sih perjuangan kakak utk tembus FKUI? Terus apa yg selalu kakak inget kalo lagi down utk bisa tetep semangat berjuang? Sorry ya kak banyak tanya, maklumlah aku pejuang FKUI yg haus akan motivasi haha.. Thanks kak :)