Laman

Kamis, Februari 14, 2013

Iseng Ah

Hari ini adalah hari Valentine, yang diartikan sebagai hari kasih sayang. Banyak banget tweet yang bahas soal valentine, mulai dari yang pro, ataupun yang kontra. Ada juga yang ngga seneng sama dua-duanya. Tapi sih kebanyakan kaum yang ngga seneng sama yang kontra, dianggapnya terlalu menggeneralisasi soalnya. Kalo kita liat di twitter islami-islami gitu kaya @felixsiauw @benefiko @hijabalila @tweetnikah (ini lebih ke nyerempet Islam sih biarpun ga ada "wajah" Islamnya sama sekali), valentine abis-abisan ditentang tuh sampe banyak yang seneng sama tweet mereka bahkan ngga seneng, ngga suka. Mereka lebih ke arah menganggap muda-mudi yang pacaran itu berengki, PK, semua pacaran berujung maksiat, mendingan langsung nikah, gitu deh pokoknya. Emang bener sih, yang namanya pacaran itu ngga ada dalam Islam, adanya taaruf biar ga berujung maksiat. Terus di @felixsiauw dijelasin juga soal sejarah valentine, biarpun setelah dikroscek oleh seorang temen di FB ada yang salah sih. Nah, kalo kaum yang (rada-rada) ga seneng sama tweet-tweet kontra kaya gini, emang ada benernya sih. Yang namanya nikah itu risikonya besar, harus mikirin gimana ngasuh anak, ngasih anak pendidikan dan kesehatan yang bagus, pokoknya ga cuma sekadar menghalalkan hubungan suami istri dan hal yang berkaitan deh. Dan ga semua cowo taaruf itu alim dan cowo pacaran itu bejat bin berengki. Kalo kata agan @adrianpradana, yang namanya cowo berengki, mau jadi pacar kek pasangan taaruf kek suami kek tetep aja berengki (kalo ga mau tobat :p). Kalo mau liat tweet bijak soal ginian, cek aja @nayasaa. Di akunnya lumayan dibahas soal taaruf dan kawan-kawannya.

Aku sendiri gimana? Aku sih lebih milih ngga ambil pusing. Aku pribadi emang ngga ngerayain dari dulu, karena emang aku ga peduli, ga mau, dan ga ada niat buat ngerayain. Ngerayain valentine juga ngga ada untungnya buat aku kalo aku rasa. Toh yang namanya mengekspresikan kasih sayang bisa dilakukan setiap hari kan, ga cuma pas valentine. Sama halnya kaya minta maaf, ga cuma pas lebaran. Tapi kan kalo lebaran hari raya umat Islam, valentine bisa dirayain sama siapa aja yang mau ngerayain haha (aku ngga tau agama mana aja yang membolehkan atau melarang valentine). Biarpun ga salah juga sih kalo pas hari valentine itu kita keinget seseorang yang kita sayang terus kita "kasih" sesuatu ke mereka.

Intinya gini, buat hal-hal yang masih "diperdebatkan" kaya ngucapin selamat hari raya agama lain sampe valentine yang "ga beragama" gini, terserah orang deh mau ngerayain apa ngga, toh yang paling bisa menentukan dosa atau ngga, masuk surga atau neraka, paling bener itu cuma Allah SWT. Tapi...berani melakukan artinya berani menanggung risiko baik di dunia maupun akhirat. Manusia sebenernya ga berhak ngejudge apa-apa, secara (kalo ga salah) manusia itu diciptakan pada Tuhan untuk beribadah kepada-Nya.

Dan di akhir post ini aku mau nyelipin satu ayat yang bikin aku percaya, ga ada yang ga mungkin di dunia ini dan pada dasarnya semua orang itu fitrahnya baik, dan kalo Allah menghendaki, orang yang udah penuh dosa bisa kok jadi baik lagi dan masuk surga.

وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا بَلَىٰ ۛ شَهِدْنَا ۛ أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَٰذَا غَافِلِينَ

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)"

Surat Al-Araf ayat 172

3 komentar:

Claude C Kenni mengatakan...

Sayangnya banyak orang yg sok2an benci Valentine, tapi sebenernya mereka kaga tau, Valentine tuh apa. Cuma pengen ikut2an aja, biar tenar.

Suka banget sama cara pandang lu di postingan ini =)

Laras mengatakan...

banyak jg yg muna, sok2 menentang valentine tp diem2 "ikutan"

thanks :)

Obat penyakit kuning mengatakan...

Terimakasih banyak atass informasinya