Laman

Sabtu, Juli 20, 2013

Jahat

Kenapa banyak orang jahat di dunia ini?

Ada bermacam-macam jawaban dari pertanyaan ini yang ada di pikiran kalian, contohnya :

Kesel atau benci sama seseorang
Kepepet
Ga punya duit
Ada kesempatan
Pengen ngehabisin orang
Emang kepribadiannya jahat

Dan lain-lain

Intinya orang itu berbuat jahat buat ngedapetin sesuatu yang dia inginkan tapi dia ga MAU dapetin itu dengan cara yang halal (ini bukan soal bisa ga bisa atau ga ada jalan lain, tapi soal MAU atau TIDAK MAU ngedapetin itu pake cara yang halal, soalnya kalo dibilang bisa, semua yang baik-baik itu pasti BISA dilakukan tinggal mau apa ngga nyari jalannya)

Setiap dari kalian, secara ga ada manusia yang sempurna di dunia ini, pasti pernah kan berbuat ga bener...(kalo jahat terlalu kasar soalnya). Ga bener, biarpun kesannya relatif tergantung pandangan orangnya sendiri, lingkungan, agama, atau budaya, tapi kan paling ngga setiap orang tau lah moral-moral dasar yang udah diajarin dari kecil (maksudnya bedain mana yang bener mana yang salah). 

Sekarang cerita pribadi aja ya. Jujur aja, aku pernah melakukan suatu perbuatan yang ga bener. Enak sih enak bisa dapetin yang kita mau dengan berbuat seperti itu, tapi batin jadi ga tenang. Beneran deh. Contoh kasusnya, aku pernah boong bilang ga bisa dateng ke suatu acara, padahal mah alesannya belajar, mengingat itu acaranya weekend dan pas minggu setelahnya ada ujian. Aku kan udah bilang ngga bisa ke pihak yang "berwenang" di acara itu, tapi hati jadi ga tenang, ga tau kenapa. Mana pas itu diteror terus sama dia. Biarpun dalem hati aku berdoa semoga yang ada dipikirannya adalah "tahu sama tahu". Dia tahu minggu depan aku ada ujian dan ya....udah. 

Aku pikir, semesta pun juga berperan dalam mempengaruhi keputusan seseorang untuk ngelakuin sesuatu yang ga bener. Sering banget aku punya niat buat ngelakuin hal ga bener. Pernah satu kejadian, aku mau ngelakuin hal itu di suatu tempat. Eh, ternyata disana hujan jadinya otomatis jadi ga pengen karena mempertimbangkan jalanan yang macet juga kalo lagi hujan.

Jujur aja, masih heran deh sama orang-orang yang sering berbuat jahat, yang sering keliatan di media entah itu kasus kriminal, pejabat yang korupsi, atau yang di lingkungan sehari-hari aja deh. Motivasi mereka apa sih sebenernya kenapa mau ngelakuin dengan cara ga bener itu? Mau seneng? Kesenangan duniawi itu ga abadi bero.

Intinya, dengan berbuat jahat, kalian bisa dapetin yang kalian inginkan, tapi batin kalian ga akan pernah tenang. Ibaratnya seneng tapi ga bener-bener plong senengnya.

Good night :)



Tidak ada komentar: