Laman

Jumat, Februari 07, 2014

Tata Krama Penggunaan Tag di Path

Sebenernya lagi iseng aja ga ada kerjaan harusnya sih belajar makanya ngepost beginian. Maaf kalo ilustrasinya cuma dikit karena ga punya screenshot an nya satu-satu dan susah juga kalo digoogling. 

Pengantar dulu nih, pemilik iPhone sama Android kan semakin menjamur, jadi siapa sih pemilik ponsel dengan sistem operasi tersebut yang ga punya Path? Kecuali kalo emang ga pengen bikin atau antimainstream tingkat tinggi haha. Path apaan sih? Definisi resmi ya sih sosmed yang friend nya dibatesin cuma sampe 150, emang dikhususkan buat orang-orang terdekat anda. Tapi pada kenyataannya ga demikian sih, Path aku ga semua friend nya emang orang terdekat. Buat yang belum tau, kaya gini nih tampilan profilnya : 

Ini tampilan kalo di iPad yang lagi di landscape. Kalo di gadget lain ya lain lagi. Maaf ya buat temen-temen yang fotonya masuk sini ga ada maksud kok buat umbar privacy kalian :).
Fiturnya ada macem-macem, ada thoughts kaya buat nulis status gitu, map buat lokasi kaya 4sq, listening, reading, sama watching ibaratnya buat ngasi tau lagi nonton, baca, atau dengerin lagu apa, photo ya buat posting foto sama sleep dan awake buat ngasi tau tidur sama bangun tapi saya masih bingung juga fungsi dari ngasi tau bangun tidur bangun ini buat apa. Semua yang ditulis disini bukan nama resmi ya.

Mirip sama Facebook, ada fitur yaitu tag...kalo mau ngetag seseorang di postingan tinggal pencet I'm with terus pilih deh temennya. 

Nah ini nih

Tapi...banyak pengguna Path yang menyalahgunakan fitur ini. Yang harusnya bikin orang seneng karena ibaratnya 'dikasi tau' suatu informasi atau dianggep dalam suatu pergaulan jadi bikin orang kesel, kalo di tag rombongan sehingga banyak yang komen di postingan si pen-tag postingan itu...notif Path nya jadi penuh deh. Tag rombongan maksudnya rame-rame. Misal mau ngucapin selamat tahun baru posting foto tahun baruan dimana gitu lengkap dengan teks atau stiker LINE kalo niat ngedit terus di tag ke 150 orang temen Path nya. Karena Path ini ga punya fitur yang bisa stop following post kaya FB, siapa aja yang komen di postingan itu, bakal bikin pengguna Path yang ter-tag di postingan tersebut kena getahnya alias kemasukan notif.

Oleh karena itu, aku mau coba kasih beberapa tips (bikinan sendiri nih) agar tag-mentag di Path jadi lebih enak dan ga merugikan pihak manapun.

1. Tahu sasaran postingan

Tahu sasaran postingan maksudnya ya...misal gini, mau upload foto rame-rame sama temen di Path, yang di tag ya temen yang ada di foto itu aja, kecuali kalo misal foto segeng, kurang lengkap, mau nulis ceritanya yah sayang kamu ga dateng, X, tag nya ya segeng plus X. Atau mau bergosip lewat status, yang ditag orang-orang yang terkait dengan gosip itu aja. Intinya, tahu sasaran postingan, tag orang yang berkaitan, jangan asal tag rombongan apalagi campuradukin dua atau lebih orang yang lingkaran pergaulannya beda (bahasa gampangnya ga saling kenal) kecuali seluruh temen di Path emang temen segeng. 

2. Tahu jenis postingan

Kalo yang dipost itu hal-hal yang bersifat umum, misalnya kaya bikin status pribadi di FB (postingnya pake thoughts), contohnya "mana ujan ga ada ojek becek" dan dalam situasi tersebut emang lagi beneran sendirian ya ga usah tag orang lain. Atau hal lain kaya ngucapin selamat hari raya, tahun baru, repath gambar lucu atau info anak hilang dari temen, kalo bisa ga usah tag siapa-siapa kecuali si temen yang gambarnya kita repath sebagai tanda "copyright". Kalo ngetag hal umum ke orang karena mau ngegosip atau bicarain sesuatu mah lain konteks, balik lagi ke nomer 1.

3. Manfaatkan inner circle dan private sharing

Menurut aku ini adalah fitur Path paling revolusioner, tujuannya adalah biar orang-orang lemes atau bocor di Path yang nge add Path kita tapi kita terpaksa harus confirm ga liat postingan kita yang aneh-aneh. Bedanya, kalo inner circle sebelum posting tinggal klik gambar bintang jadi yang bisa liat cuma mereka (siapa aja yang bisa masuk inner circle bisa diatur di friends) sedangkan kalo private sharing sebelum post bisa ditentuin nih siapa-siapa aja yang bisa liat, misalnya cuma mau 5 orang doang yang liat ya dipilih 5 orang itu (beda ya sama nge tag). Jadi kalo misalnya mau ngegosip, ga mau diliat kaum lemes, dan ga mau mengotori notif temen dengan ngetag, pake dua fitur sakti ini aja haha. 

Oke, sekian dulu postingan ini kalo ada yang kurang pasti ditambah hehe. Adios!!!

1 komentar:

Unirma M.Taufik mengatakan...

Mau tanya soal circle,,, kalau misalnya sy upload sesuatu trus sy aktifkan circlenya,, trus sy tetap kasi singkron ke twitter apakah yg tdk masuk dlm list circle bisa ngebuka di akun twitter sy??? Mohon penjelasannya ya??