Laman

Jumat, Mei 09, 2014

Bersyukur

Minggu pertama modul Hematologi-Onkologi dihujanin sama kuliah, kuliah, dan kuliah. Ya namanya minggu pertama belum ada yang namanya praktikum dan KKD baru satu kali. Kuliahnya emang dipadetin di minggu pertama ini soalnya bakal banyak tanggal merah dan ada Progress Test juga. Banyak tanggal merah? Ga percaya? Coba cek kalender masing-masing. Kuliahnya sejauh ini alhamdulillah ga ngawang-ngawang banget, materinya cukup menarik dan bisa dimengerti haha. Ga kaya infeksi imun yang susahnya amit-amit dan hafalannya banyak banget.

Jadi, kuliah di minggu pertama ini kebanyakan isinya tentang hematologi, onkologinya masih ntar soalnya itu materi sumatif 2 jadi masuk kuliah yang terakhir-terakhir. Di kuliah-kuliah tentang hematologi ini aku belajar banyak penyakit kelainan darah yang...angka kejadiannya mungkin kecil tapi kebanyakan diturunin lewat gen dan penderitanya harus dapet transfusi seumur hidup. Bahasa kasarnya menderita seumur hidup karena belum ada cara untuk nyembuhinnya, yang ada cuma meringankan beban dan ningkatin kualitas hidupnya aja. Contohnya, thalassemia, hemofilia, dll. Btw thalassemia itu kelainan sel darah merah dimana bentuknya jadi kaya bulan sabit jadi ga bisa ngiket oksigen buat disebarin ke seluruh tubuh sedangkan hemofilia itu kelainan faktor pembekuan jadi darahnya ga bisa beku makanya sering terjadi perdarahan. Dua-duanya penyakit genetik. Ini aku nemu video di youtube tentang thalassemia yang menarik dan informasinya cukup ok lah buat awam. Pake bahasa Indonesia kok.


Jadi penderita thalassemia itu harus dapet transfusi seumur hidup (sama kelasi besi sih biar besinya ga numpuk di badan)...dan kalo ditotal biaya pengobatannya bisa sampe 300 juta dalam setahun. Selain itu, penderita thalasemia punya salah satu ciri khas yaitu perubahan wajah (facies Cooley) karena tulang-tulang kering yang isinya sumsum tulang pembentuk sel darah merah di wajahnya udah rusak karena sumsumnya dipaksa terus bikin sel darah merah dan hasilnya tetep bulan sabit bentuknya karena emang udah kelainan di gennya (CMIIW). Kebayang kan mukanya kaya apa, giginya jadi tonggos, wajahnya jadi ga menarik, coba cari aja gambarnya di google. Terus penderita thalassemia ini juga rentan punya masalah kesehatan, finansial, psikologis, dan lain-lain. Secara biaya pengobatannya mahal dan ganggu aktivitas sehari-hari misalkan anak kecil bolos sekolah terus karena transfusi, perdarahan terus, susah cari jodoh karena wajah dan punya penyakit yang bisa diturunin ke anaknya nanti, stres, pokoknya macem-macem deh. Penderita thalassemia biasanya meninggal bukan karena penyakitnya tapi karena penumpukan besi yang bisa bikin beberapa organ kaya jantung, hati, tiroid, jadi rusak. Dan yang bermasalah ga cuma pasiennya, pasti anggota keluarganya atau orang yang deket sama pasien bakal ikutan kena juga.

Kebanyakan bahas thalassemia lanjut ke hemofilia yang sama-sama penyakit darah. Kalo udah parah, pasien hemofilia bisa sering banget mengalami perdarahan terutama di sendi karena sendi itu menopang berat tubuh. Daaan tatalaksananya juga replacement therapy aja jadi pasiennya ditransfusi komponen darah yang mengandung faktor pembekuan yang mengalami kelainan. Ngga kebayang kan kehidupannya kaya gimana hidup transfusi terus...

Karena penjelasan penyakitnya udah kepanjangan lanjut aja ke inti yang mau aku tekenin di postingan ini. Kuncinya cuma satu kata, bersyukur.

Bersyukur masih dikasih Tuhan kehidupan yang normal
Bersyukur karena ga perlu keluar duit banyak untuk kesehatan karena punya fisik normal
Bersyukur karena masih bisa bergaul dengan sesama tanpa rasa malu karena satu dan lain hal terkait fisik
Bersyukur karena ga ngerepotin orang lain karena kelainan kondisi fisik

Intinya ya itu. Bersyukur sama apa yang kita punya, sama semua kesempurnaan manusia yang dikasih Tuhan. Jangan banyak ngeluh karena alesan sepele. Coba kalo kita jadi mereka, bakal kaya gimana hidup kita. Kalo kita kuat ya bagus, kalo ngga kuat? putus asa? gimana?

Sekian dulu postingan ini. Kalo ada yang perlu ditambahin akan ditambahin. Btw ini lagi pilek jadi agak males ngetiknya udah ngetik dari sore baru kelar jam segini.

See ya next post :)

Tidak ada komentar: