Laman

Sabtu, Juni 14, 2014

Baksos ENAM : Day 1 and 2

Haaaaai sekarang ngepostnya dari Majalengka karena lagi ada baksos ENAM (Endahna Ngabdi di Majalengka) woohoo! Jadi hari Kamis kemarin setelah melewati perjalanan 8 jam lebih termasuk istirahat blablabla baru sampe itu jam 11, itu juga baru di terminal belum ke rumahnya. Karena loading barang yang super lama, aku baru ke desa Sadasari nya naik truk pickup jam 12 lewat. Kebetulan aku tinggalnya di regio Sadasari yang emang paling deket sama terminal bis dan lokasi acaranya yaitu di balai desa sama SDN Sadasari II. Abis sampe rumah langsung tidur. 

Paginya aku bangun dan yang punya rumah lagi ga ada karena bapak lagi pergi baru pulangjam 8 pagi dan ibu kerja di pasar mulai jam 3 pagi, dan anaknya dititip ke tetangga. Jadi rumah aku itu penghuninya ada Bapak (ga tau namanya), Ibu Euis, sama Dinda, anaknya yang baru umur 5 apa 6 tahunan gitu. Sebenernya ada anak satu lagi, kakaknya Dinda tapi sekolah di pesantren. Aku serumah sama Umi, Upi, dan April Dwi. Tidurnya berempat sempit-sempitan di satu ranjang gede haha. 

Setelah mandi, makan (masak sendiri eh dimasakin temen sih, btw pake mi instan -_-), dll. langsung cao ke balai desa buat diarahin untuk penyuluhan keliling. Nantinya, panitia bakal dibagi-bagi jadi kelompok-kelompok kecil, satu kelompok 2-3 orang buat nyuluh ke 2 rumah. Yang disuluh itu tentang rumah sehat sama gaya hidup sehat. sambil diliat rumahnya udah sehat apa belum Sebenernya ada juga sih tentang penyakit terkait yang sering disana kaya skabies, TB, dll. Sama edukasi juga karena warga sini seneng makan gorengan haha. Btw tadi bingung sendiri pas nyuluh secara baru pertama kali nyuluh ke masyarakatnya langsung. Untung penghuni rumah yang aku suluh itu penyakitnya ga macem-macem malah di salah satu rumah ga ada masalah sama sekali. Rumah lain dong ada yang merokok lah, TB lah, skabies, osteoarthritis, pokoknya parah-parah dan penghuni rumahnya emang banyak. Aku nyuluhnya sama Novia ke daerah Gunung Herang Tonggoh dimana itu agak naik dari Sadasari tapi sebenernya ga gitu jauh sih. Sekitar jam 11 kelar penyuluhan, aku pergi ke balai desa buat makan siang abis itu tidurrrr dirumah sampe jam setengah 3 an karena akunya ga ada kegiatan apa-apa. Siang itu kegiatannya ada 2011 mengajar (kali ini mata acaranya belajar bahasa Inggris bareng), penyuluhan bapak-bapak tentang rokok, sama konsum on the spot yang masak makanan buat ntar malem.

Sekitar jam 3 an aku keluar, liatin anak konsum masak, liatin penyuluhan bapak-bapak yang hampir kelar di SD nya, main sama anak-anak kecil di depan dapur umum tempat masak konsum, sama keliling-keliling sekitar situ. Pokoknya liat-liat deh. Pas udah agak sorean aku ke SDN Sadasari I buat liat lomba menghias buah ibu-ibu yang masuk ke dalem mata acara makrab warga (harusnya sokrab bukan sih, sore akrab haha). Abis itu aku balik kerumah bentar, istirahat, kemudian balik lagi ke SD buat bantu siap-siap acara sirkumsisi besoknya. Baru sekitar jam 6 an balik lagi kerumah buat sholat maghrib. Sebenernya acaranya udah kelar sih jadi tinggal leyeh-leyeh dirumah. Jam setengah 7 an aku dan temen-temen serumah pergi ke balai desa buat ngambil makan malam buat dimakan bareng dirumah sekeluarga. Tapi....ternyata pas pulangnya hujan jadi ya hujan-hujanan mana waktu itu kesana sama Dinda dan Dina (anak kecil juga, temennya Dinda suka main kerumah). Abis itu makan dan yaudah leyeh-leyeh, nonton TV, main sama Dinda dan Dina, dan aku baru tidur jam 10 an. 

Ga gitu banyak sih apa yang bisa diceritain hari pertama apa emang akunya yang skip. Intinya Majalengka itu kotanya dingin, enak, warganya ramah-ramah, selalu nyapa, pemandangannya bagus banget, lovely banget deh pokoknya. Fotonya ntar ya hahaha. 

Sekian dulu postingan kali ini, rencananya hari ini aku tugas di sirkumsisi (ga nyunat sih cuma bantu di bagian pre op untuk anamnesis gitu-gitu sama instrumen dan pre op) dan 2011 mengajar yang kali ini mata acaranya bikin kerajinan dari sampah (sepertinya). Semoga selalu seru dan lancar jaya baksos ini :) See ya next post :)

Tidak ada komentar: