Laman

Minggu, Juni 15, 2014

Baksos ENAM : Day 3

Halo semua baru kelar malam keakraban (makrab) banget nih. Ini juga pulang duluan (sebenernya acara udah hampir kelar) karena kebelet buang air kecil secara Majalengka dingin banget jadi yasudahlah haha. Langsung aja ya.

Jadi setelah bangun, mandi, sarapan, dan mempersiapkan hal lainnya, aku pergi ke SDN Sadasari II buat siap-siap acara sirkumsisi massal. Sekitar jam 8an acara mulai dengan sebelumnya dibriefing sama dokter PPDS Urologi (btw ada yang ganteng dan sedang mencari jodoh katanya aw aw aww). Dokternya ini baru sampe banget setelah menempuh perjalanan kurang lebih 12 jam karena kena macet di Sumedang dan ada jalurnya yang buka tutup gitu. Aku pertama kali tugas di bagian Pre OP. Jadi di bagian ini aku sama Mandanab yang dilakuin ada anamnesis, informed consent, sama periksa penis gitu liat apakah ada kelainan yang bikin anaknya ini ga bisa disirkum. Agak kagok dikit sih pas meriksa penis itu mana jumlah sarung tangan terbatas jadinya ya...pake 1 pasang buat megang beberapa penis (maaf ya adik-adik yang lucu bukannya jorok tapi sarung tangan di ruang sirkumnya terbatas). Terus tadi mana pas anamnesis ada yang orangtuanya punya riwayat TB. Abis orangtuanya pergi Manda langsung bilang tenggorokannya rada kemasukan pasir wadu bikin panik kan (sebenernya ga selebay ini sih haha). Seharusnya jumlah anak yang disirkum itu ada 30 tapi karena banyak yang kabur-kaburan gara-gara denger suara tangis, disuntik, dan segala macem jadi cuma ada 19 anak. Tugas pre OP jadinya cuma sebentar. Meja pre OP dibagi dua, yang satu meja aku sama Manda satunya lagi meja Hari sama Cece. Kebetulan Hari ini orang Tasik jadi bisa bahasa Sunda dan seru denger dia anamnesis pake bahasa Sunda, liat p*p*ngna hahaha. 

Sekitar jam setengah 10 an, aku ke ruang OP buat jadi instrumen. Kerjaannya itu berkaitan sama semua prosedur nonsteril, misalnya buka-bukain kasa tapi jangan nyentuh kasanya, megangin lidocaine buat isinya diambil sama OP yang mau nyuntik, buang-buangin sampah, nyenterin, pokoknya rada gabut tapi seru sekaligus ga tega ngeliat adik-adik yang lucu ini pada nangis pas disirkum. Karena anaknya sedikit, aku jadi instrumen cuma sekali, harusnya tambah sekali jadi co-OP. Anak yang ada di meja aku ini lumayan kenceng teriaknya, bilang pak dokter entos wae terus sambil nangis. Mana OP nya yaitu Yudis lumayan 'rese' lagi jadi nama alat-alat kaya gunting, jarum. prosedur jahit disebut kenceng jadi si anak tambah nangis. Mana tadi sempet PHP, dibilang tinggal satu jahitan lagi ternyata masih banyak. Dan yang kocak, pas terakhir-terakhir si anak ngomong kasar, kalo ga salah mengandung unsur kata anjing tapi pake bahasa Sunda. Seruangan langsung bengong sambil nahan ketawa, antara percaya dan ga percaya. Pokoknya mah kasar biarpun aku juga ga ngerti sebenernya ni anak ngomong apa. Kelar sirkum, aku bantu beres-beres alat (bentar doang, gabut) terus pulang kerumah sebentar terus balik lagi ke SD buat persiapan 2011 mengajar yang mata acaranya penyuluhan tentang bikin kerajinan dari sampah.

Jam 1 an penyuluhannya mulai, pembicaranya itu namanya Bu Yeni dari Bank Sampah My Darling (kalo yang belum tau ini apaan sampe ada my darling nya cari aja di google haha). Nah abis ada 'kuliah'nya bentar, tentang dari sampah bisa dibikin duit, ayo selamatkan bumi dengan daur ulang sampah sampe ditunjukkin karyanya si my darling ini yang terbuat dari sampah kita diajarin cara bikin bros, hiasan gorden, sama tas dari sampah. Seru banget dan bisa sekalian dapet ilmunya buat dipraktekin dirumah (secara yang meraktekin ibu-ibu aku cuma liatin doang haha). Ada yang bikinnya gampang dan ada juga yang ribet. Ibu-ibu yang diruangan juga pada semangat jadinya seru karena emang pembawaannya Bu Yeni juga asik. Jam 4 acara kelar, bersih-bersih (btw sampahnya banyak bo padahal ini penyuluhan tentang sampah), langsung foto-foto sama anak-anak 2011 mengajar. Abis itu pulang, tidur siang bentar, dan main bareng Dinda, Dina, sama Wawa (temennya lagi nih).

Abis maghrib aku dan temen-temen serumah plus Dinni dan Tasha pergi ke SDN Sadasari I buat ambil makanan konsum on the spot buat dimakan dirumah bareng keluarga. Nunggu ambil makanannya agak lama karena sendok nasinya belum dateng masa. Baru sekitar jam 7 an makanannya diambil. Terus kita pulang kerumah, makan bareng sekeluarga, abis makan ngobrol di sofa terus cao ke tempat makrab yaitu di SDN Sadasari I. 

Aku sampe tempat makrab agak telat karena emang berangkatnya telat, yaitu jam 9 (ngaret banget jam 8 udah mulai acaranya jadi pas nyampe ya udah rame dan temen-temen udah dibagi perkelompok). Aku ga ikutan main game karena mager dan emang udah telat haha. Awalnya itu ada game tebak foto temen seangkatan. Jadi fotonya itu dicrop sebagian terus ya tebak ini siapa. Yang bikin susah adalah sebagian fotonya foto aib. Setelah game ini kelar ada game Aa-Teteh jadi 2 orang (cewe-cowo) dari tiap kelompok didandanin terus abis itu fashion show dan disuruh pose. Posenya asli pada ada-ada aja, ada yang abang none kebalik (cewe abang cowo none), centil, romantis-romantisan, goyang dangdut, sama yang terakhir ceritanya si cewe ngambekan dan cowonya ngasih jaket awawaw. Abis itu ada pemutaran video angkatan jadinya semacam flashback dari acara pas kita masih maba sampe sekarang. Terus ada game yang serem-sereman ada setan-setanannya buat nyari clue di SDN Sadasari II buat mecahin password di laptop seseorang yang ternyata isinya video angkatan tapi lebih banyak foto-foto anak internya dan lanjut dengan farewell inter. Pas farewell ini Rosyid nyanyiin lagu terus anak-anak inter disuruh maju kedepan, kemudian mereka dikasih kenang-kenangan berupa karikatur dan pada nangis terharu semua :") Terus mereka ngasih komentar dan ucapan terima kasih buat 2011. Abis itu Rosyid nyanyi lagi sebelum acara kelar daaan aku pulang :)

Nanti siang pulang daaan besok kembali ke dunia nyata huhu. Sekian dulu postingannya maaf kurang detail karena udah ngantuk, see ya next post :)

Tidak ada komentar: