Laman

Kamis, Agustus 14, 2014

Eurotrip 2014 : Day 3

Hari ini hari terakhir kita di Belanda dan kita mau ke.....Belgia! Jadi pagi ini dihabiskan dengan beres-beres koper. Sekitar jam 9 an check out hotel terus kita pergi ke stasiun jalan kaki. Kita bener-bener gerek koper ke stasiun udah gitu ga ada porter. Ya arab maklum namanya juga luar negeri. Kereta kita berangkat jam 11.55. Karena nyampe stasiunnya kepagian, kita nunggu dulu di restoran The Doner's Company sekalian beli makan (ga sarapan juga sih soalnya cuma beli kentang). Sambil nunggu aku nyari simcard Lebara unlimited yang katanya paket internet sebulannya bisa dipake di berbagai negara tapi sayangnya ga ada di Albert Hejin, sama googling juga nyari peta tempat-tempat menarik di Belgia tepatnya Brussels. Aku juga beli eskrim, disini Walls namanya Ola. Harga eskrimnya 3.75 euro, bisa pesen magnum atau summer sesuatu atau campuran 2 itu jadi kaya di'blender' pake alatnya terus tambah 5 topping. Sebanding lah kualitasnya sama harga, kaya eskrim hedon di Jakarta pada umumnya.

Sekitar jam 12 kurang kita ke spoor naik lift. Btw di spoornya rada ribet soalnya ada banyak train stop dengan nomer spoor yang sama nahloh. Gara-gara hal ini, kita salah naik kereta, harusnya naik yang cuma berhenti di Schiphol terus transit di Rotterdam terus langsung Brussels, kereta ini persis didepan kereta yang kita naikin, tapi kita naiknya yang berhenti dulu di berbagai macam kota. Penyebabnya? Klasik, kurang nyari informasi dan bawa banyak koper jadi ga bisa buru-buru. Jam 13.08 kita sampe di Rotterdam dan tentunya ketinggalan kereta ke Brussels. Padahal, kalo kita naik kereta yang tadi kita bisa sampe Rotterdam jam setengah 1 an dan sampe Brussels lebih cepet. Sesampaimya di Rotterdam, kita ke spoor tempat kereta lanjutan ke Brussels tapi keretanya udah ga ada. Kita sampe jam 13.08 itu kereta berangkat jam 13.08 juga ngeselin kan hahaha. Abis itu kita ke service center buat nanya apakah perlu beli tiket lagi apa ngga, ternyata ngga, kereta selanjutnya ke Brussels dateng jam 3 alhamdulillah ya buang waktu tapi ga buang duit haha. Sambil nunggu, kita liat-liat stasiun ini, rupanya lebih modern daripada Den Haag dan Amsterdam karena bentukannya lebih kaya bandara.

Disini juga ada toko isinya stationery lucu-lucu.

Setelah menunggu dan jalan-jalan, akhirnya naik kereta juga. Tapi pas udah sampe di Belgia ini kartu Lebara ga bisa dipake lagi jadi mati gaya lah. Dan...ada satu pengalaman yang bikin ngakak pas udah mau sampe stasiun. Kita ngelewatin tempat prostitusi sini, di jendelanya....masya Allah....ada cewe joget-joget di depan jendela bergaya kaya penari striptease...bajunya seksi...pokoknya parah dah hahaha. Pas sampe stasiun...ga ada wifi...kecewa deh. Terus disana juga rada-rada bingung karena ga ada petunjuk berbahasa Inggris. Ternyata eh ternyata, Belgia itu merupakan negara dengan tiga bahasa resmi, yaitu Perancis di Brussels dan daerah selatan, Belanda di daerah utara, dan Jerman di daerah deket Jerman. Makanya jadi bingung. Btw suasananya hujan pas kita sampe dan hotel kita, Best Western, deket banget sama stasiunnya. Sampe hotel baru deh nemu wifi yang speednya cepet banget hampir 2 mbps.

Sampe hotel langsung beres-beres daaaan internetan. Terus keluar deh jalan-jalan, liat toko suvenir, dan cari makan.

Kita makan di daerah Galerie De La Reine ke belakangan dikit soalnya kata orang toko suvenir disitu yang murah. Jadilah kita makan di salah satu restoran disana. Tetep mahal bok tadi totalnya 46 euro an.

Abis makan, langsung jalan lagi dong. Kita balik ke jalan lewat depan Galerie De La Reine. Belgia itu khas banget loh sama coklatnya jadi dimana-mana banyak toko coklat

Muter-muter terus ke stasiun tanya tiket buat besok ke...ada deh. Tapi international office nya udah tutup.

Deket stasiun sini ada summer festival makanya rame dan berisik. Karena ga bisa beli tiket sekarang, kita lanjut jalan lagi. Terus nyasar kesini...ternyata...Grand Place!!!

Disini katanya ada 'peluncuran' model karpet bunga terbaru depan Grand Palace nya yaitu karpet Turki makanya rame banget kaya sahabat dahsyat mau nonton band idolanya. Terus ada pameran bunganya tapi ga keliatan saking ramenya. Mau foto dari atas kursi restoran bunganya tetep ga kefoto sampe kita diusir-usir sama pelayannya hahaha. Setelah puas foto-foto balik hotel deh sambil ngepost ini.

Summary dikit, di Brussels jarang banget ada wifi gratis di tempat umum makanya agak mati gaya seharian hahaha. Di stasiun aja ga ada wifi. Besok pergi lagi ke tempat lain jadi ga beli simcard, sayang duit bok 300 rebu buat kurang dari sehari. Terus disini lebih banyak pengemis dan banyak penduduk asing. Pelayan restoran tempat aku makan tadi ada yang dari Tunisia dan seorang Muslim. Sistem transportasi disini ga seteratur Amsterdam, adanya bus tapi aku liat ga jelas mana berhenti mana naiknya. Oiya jalan disini juga ga seribet Amsterdam jadi ga nyasar-nyasar muahahaha.

Sekian dulu ya postingan hari ini. Sekarang waktunya tidur soalnya besok siang mau pergi ke negara lain. See ya :)