Laman

Minggu, November 02, 2014

The Sims 4

Well, baru nyadar kalo bulan Oktober kemarin cuma ngepost 2 post. Sebenernya dibilang sibuk ya ngga segitunya tapi entah kenapa lagi males banget padahal banyak banget hal yang mau ditulis. Salah satunya mengenai The Sims 4.

Ya aku main baru semingguan ini. Alhamdulillah lagi ada waktu. Tadinya mau beli yang asli di toko game atau online tapi karena susah cari waktu buat keluar dan emang dasarnya males beli asli jadilah beli bajakan di salah satu online shop di instagram. Ternyata pas dicoba ga muncul sensor-sensor seperti kabar yang beredar. Cuma emang sering crash pas dimainin terutama pas travel (nanti dijelasin).

Namanya juga baru rilis, The Sims 4 secara umum masih sederhana banget. Dibanding The Sims 3 atau The Sims yang sebelumnya pasti ada plus minusnya. Ceritain plusnya dulu deh. Di Sims 4 ini interaksi antar sims nya lebih hidup soalnya ada mood yang ngegambarin perasaan sims kita dan bisa 'nular' ke sims lain lewat interaksi. Misalnya ada sims mood nya playful, telling jokes ke sims lain jadi temen-temennya ikutan playful. Ada juga sims lain yang mood nya sad, ada pilihan interaksi dari sims kita buat cheer up dia, dll. Dan ada barang yang bisa nimbulin emotional aura jadi bisa menimbulkan suatu mood muncul dan dirasain sims kita, contohnya lukisan yang dilukis pas lagi mood tertentu atau pajangan lain. Selain itu ngobrolnya bisa bareng-bareng dan bisa multitasking juga ga kaya sims sebelumnya yang ngobrol bener-bener berdua aja sambil berdiri pulak. Multitasking nya ga hanya dalam hal ngobrol tapi ya pas lagi ngapa-ngapain, contohnya nonton TV sambil denger musik, BAK/BAB sambil baca buku/koran, dll. Oiya di Sims 4, sama kaya sims 2, kita bisa tetanggaan sama sims bikinan kita sendiri ga kaya sims 3 yang bener-bener mainin 1 household dalam 1 save-an game. Namun, kelebihannya, aging nya kita bisa atur, mau household kita aja yang aging atau seluruh household ya bisa. Ga kaya sims 2 kita tambah tuwir tapi tetangga awet muda karena ga kita mainin hahaha. Dari sisi bangun membangun Sims 4 juga lumayan asik, ada styled room buat yang mager bikin ruangan, terus ruangan bisa dipindahin, digedein, dan dikecilin dengan sangat gampang *yang udah nonton video nya sebelum game ini rilis pasti ngerti*. Disini juga ga ada maling ga tau kenapa dan ga ada jual alarm maling hahaha. Jenis kerjaan sims nya juga lebih seru biarpun lebih dikit dan tiap kerjaan ada branch nya. Lebih ada tantangannya buat promotion karena lebih susah hahaha. Terus tiap berapa promotion (tergantung kerjaan) ada rewards berupa barang yang kita ga bisa beli dari buy mode. Aspiration di sims 4 bisa diganti-ganti sesuka hati, ga ada lifetime rewards adanya goal-goal gitu kalo udah mencapai goal nya muncul goal baru lagi dan dapet sekian poin aspiration. Btw sims 4 loadingnya cepet banget baik masuk game nya maupun loading. Kira-kira segini dulu nanti bisa ditambah lagi.

Sekarang kita masuk ke minusnya. Yang paling keliatan, disini community lots nya cuma dikit, ga ada taksi, ga ada kolam renang, bahkan kalo kerja ga dijemput pake carpool! Kalo ga ada taksi gimana mau pergi? Seperti yang aku jelasin diatas ada yang namanya travel. Jadi tinggal klik smartphone sims kita terus pilih travel dan pilih mau pergi kemana. Abis pilih tempat loading deh terus sims kita sampe di tempat tujuan (ga diliatin perjalanannya). Biasanya crashnya pas loading ini. Terus ga ada tukang koran tapi buatku ini plus karena ga ngotorin rumah hahaha. Di sims 4 ada pembantu tapi kadang-kadang pembantunya suka ga mau dateng karena nganggep rumah kita udah bersih jadi ga tiap hari dateng. Tapi kalo kita baru mulai main suka ada notif bahwa pembantu dateng pas your sims away dan kena charge sekian. Oiya disini ada rewards dari poin aspiration biar jasa pembantunya gratis haha. Pas nelpon ada juga pilihan mau pembantu sekali dateng apa terus-terusan. Anehnya lagi, ga ada repairman sama firefighter! Sejauh ini aku belum pernah ngalamin kebakaran tapi rempong mayan tiap ada barang rusak benerin sendiri. Biarpun ada sejumlah kekurangan, itulah yang jadi ciri kesederhanaan Sims 4 ini, ga kaya sims 3 yang kompleks banget. 

Sebenernya kalo mau dijabarin satu-satu plus minus dan detailnya akan jadi panjang banget...jadi sekian dulu ya sampe sini. Ini dia sedikit foto-foto dari permainan aku :)







11 komentar:

Nanda Suryaning mengatakan...

Hai. Mau tanya, beli ts4nya dimana y? Thnks

Muslimah ganbatte mengatakan...

Pengen beli TS 4 yg ori. Tp bingung dimana & harganya pun msih tinggi. Kira2 ada diskon ga ya? :)

Laras mengatakan...

haloo :)
kalo mau beli ori bisa di toko2 mainan misalnya gamespot atau coba cari aja di FJB kaskus ga mungkin lah ga jual yg asli
bisa juga beli di origin.com atau amazon cm lama sih nunggu pengirimannya kan dari luar
aku sendiri pake yg download dr kaskus sih

semoga membantu :)

syahla luthfia mengatakan...

bisa minta nama ig yang jual kasetnya ga? soalnya banyak yg bilang kan the sims4 ada anti bajakannya. thx infonya

Laras mengatakan...

aku belinya di missbibs :)

Laura Dellia mengatakan...

kalo mau beli yang bajakan dimana ya kaset nya?

Laras mengatakan...

Halo Laura maaf baru bales,

aku belinya di akun instagram usernamenya missbibs

nisa nbl mengatakan...

nge crash nya sering banget ga kak?
apa banyak bgt kekurangannya kalau beli bajakan? Thanks :)

nisa nbl mengatakan...

nge crash nya sering banget ga kak? kalo beli bajakan kekurangannya apa aja? thanks :)

Laras mengatakan...

halo nisa

sebenernya sering crash apa ngga bener2 tergantung game masing2 sih, beda2 banget tiap orang biarpun beli CD di tempat yang sama bahkan yg asli aja masih suka ngalamin crash. kekurangannya itu suka crash kalo dimainin pas internet lagi nyala, terus untuk CD yang dibeli di online shop tertentu akun Origin nya istilahnya udah 'dipantek' dari sananya biar gampang installnya jadi ga bisa pake akun kita sendiri dan jadi agak susah buat masukin konten (misal : rumah, sims, dll) dari internet. maaf ya agak ga jelas soalnya bingung padanan kata yg tepat

semoga membantu

yofianda abror mengatakan...

Download di kickass.to cari the sims 4 deluxe edition yang size 12gb tinggal ikutin tutor instalnya