Laman

Kamis, Maret 12, 2015

Yak sodara-sodara akhirnya masuk juga ke Waktu Indonesia bagian Penghujung Stase setelah sejumlah ujian di stase Anestesi yang....susah hahahaha. Semoga hasilnya yang terbaik dan bisa lulus anes lah. Awal-awal masuk stase ini ga tau kenapa ga suka aja ya tapi lama-lama enak juga kegiatannya biarpun banyak yang bikin capek sampe pulang malem (sebut saja kunjungan pre anestesi alias KPA). Materi Anestesi sendiri sebenernya menarik kok terutama yang banyak berkaitan sama Kardio dan emergency dikit-dikit (biarpun aku ga gitu suka emergency soalnya aku lelet dan ga bisa mikir cepet haha) tapi ga tau kenapa sekarang ini jadi males banget dan cukup berpengaruh terhadap ilmu yang aku peroleh dan performa pas ujian. Paling ngga ga kopong-kopong amat lah ya otak ini hahahaha. Oiya, kebanyakan kegiatan di stase ini dihabiskan di OK alias kamar operasi. Jadi kaya digilir gitu lokasi kegiatannya tiap dua hari. Aku urutannya di resus IGD dulu, IBP (instalasi bedah pusat), RSP (di SMF Anestesinya, nah ini cukup asik dan banyak tindakan dan dapet intubasi dua kali disini biarpun gagal dua-duanya hahaha), OK Mata (dapet LMA sekali tapi masuk ke esofagus untung dibenerin sama dokternya dan pertama kali disini aku berhasil pasang IV line bener-bener yang sekali nusuk langsung masuk padahal pasienku nenek-nenek umur 75 tahun lho), dan ICU yang santaiiiiiiii banget kaya di pantai jam setengah 10 kurang udah bisa keluar (alias belajar OSCE hahahaha). 

Di anes PPDS nya baik-baik banget dan mau ngajarin, ga kalah kok sama stase lain. Disini aku paling sering ketemu sama dr. R, pertama kali kenalannya pas mau cari kasus preskas transportasi pasien kritis pas di ICU. Aku dan temenku yang kebingungan langsung disamperin gitu sama doi disuruh ngikut dari IBP ke ICU. Terus ya kenalan dan besoknya ketemu di IGD pas lagi resus juga kitanya sekalian nanya-nanya. Hari Jumatnya eeeh ketemu lagi pas jaga malem hahaha tapi doi cuma lagi lewat IGD aja kebetulan. Hari Senin, pas mau KPA ketemu lagi di RSP kebetulan hari pertama beliau stase disana selama sebulan. Selasa Rabu ya ketemu, Kamis pas di RSCM ketemu lagi pas parade pagi. Sabtu pas aku jaga ketemu lagi. Terakhir liat hari Senin soalnya besok-besoknya udah hectic persiapan ujian. dr. R ini baik banget luvly banget kaya papa bear gitu bentukannya (saya ga bermaksud ngeledek ya dok) pokoknya PPDS kesayangan lah kurang jodoh apa kita ketemu terus hahaha. Selain itu ada juga dr. I yang kerjaannya bercandain aku terus suka bilang aku bingung kayanya dia bete mulu tiap ketemu aku ngakunya bosen tapi lagi-lagi cuma bercanda, ada dr. A (wanita cinta pertamaku di FKUI di modul P2K2) yang namanya sama kayak saya, udah semester 6 aja ga kerasa ya padahal pas pertama ketemu belum jadi PPDS anes masih bantu ngurus modul, ada dr L juga yang ngomongnya medok dan seru kalo diajak nggosip dan ngajarin macem-macem, itu sih yang paling sering ketemu, PPDS yang lain juga baik-baik dan seru haha. Konsulen disini juga baik-baik kok cuma agak jarang terpajan aja sama koas kecuali pas skill scenario sama presentasi kasus.

Sekian dulu segala macem cerita di Anestesi, sejumlah status sudah menunggu untuk diselesaikan hahaha. See ya next post semoga stase berikutnya yaitu IGD lancar jaya! :)


Tidak ada komentar: