Laman

Kamis, Juli 16, 2015

Selamat Lebaran Semua!

Berhubung beberapa hari ini lagi males ga tau kenapa...pake ucapan yang ini ya haha...

Amoxicilin tak bisa membunuh bakteri dengki...
Parasetamol gak bs meredakan panas emosi...
Betadin tak bisa sembuhkan luka sakit hati...
Alprazolam gak bisa menenangkan rasa bersalah...
Captopril gak bisa menurunkan tekanan bathin...
Mannitol tidak bisa membersihkan pikiran yg kotor...
Curcuma tidak bisa memproteksi hati yg penuh dengan iri...
Comafusin hepar tidak bisa menyembuhkan hati yang mati...
Furosemide tidak bisa menginduksi eksresi kotornya jiwa kita...
Hyosiamin butil bromide tidak akan mampu merelaksasi otot yang penuh dengan kemarahan...
Cimetidine tidak akan mampu menginduksi CYP450 memetabolisme racun hati...
Maka hanya dengan HATI yg TULUS, Sebagai penyambung tangan dan pengganti diri atas kekhilafan..

SELAMAT IDUL FITRI...

MOHON MAAF LAHIR & BATIN

Rabu, Juli 08, 2015

Pengalaman Mengurus Visa Spanyol

Halo semua alhamdulillah tahun ini bisa pergi juga huahahahahaha setelah bingung mau kemana. Alhamdulillah jadwal tingkat 4 ini cukup bersahabat jadi liburnya panjang sekitar 2 bulanan dari Juni sampe Agustus. Abis stase, langsung EBM, libur deh.

Langsung aja ke inti ceritanya. Ini adalah pertama kalinya aku apply tourist visa dari VFS Global. Jadi ga perlu dateng kedutaan Spanyol nya, langsung kesitu aja. Apa itu VFS? Ya intinya perusahaan (agen visa) yang emang udah ditunjuk dari kedutaan beberapa negara untuk aplikasi visa. Jadi bedain ya sama istilah agen lain yang maksudnya adalah tour atau travel yang ngurusin macem-macem buat bikin visa kita. Kalo ada yang bilang bikin visa pake agen, itu dia maksudnya. VFS sendiri ada di Kuningan City lantai 1 sama 2 tergantung negaranya. Kalo buat apply visa Spanyol tempatnya ada di lantai 1. Jadi kalo mau ngajuin visa turis ke Spanyol, Italia, Inggris, Australia, Dubai, Kanada, Norwegia, Swedia, Denmark, Selandia Baru, sama Singapore (buat WN negara tertentu bukan Indonesia haha) ke VFS aja *bukan promosi soalnya emang begini*

Sebelum dateng kesana...udah jelas lah ya siapin dulu berkas-berkasnya. Ini yang aku printscreen langsung dari web VFS nya yang untuk visa Spanyol :





Kalo mau yang lebih simpelnya, ini dari forum Travellers Kaskus tapi intinya sama aja sih kaya yang atas :



Dijelasin satu-satu ya tapi baca dulu 2-2nya yang diatas terutama buat yang belum pernah bikin visa Schengen samsek...

1. Paspor

Kalo paspornya pake tempat, dilepas dulu tempatnya soalnya paspor baru dan paspor lama bakal distapler dan dikasih barcode. Jangan lupa fotokopi paspor, sebiji aja per orang.

2. Foto

Udah jelas ya.

3. Surat Sponsor

Contohnya sih begini kalo nyari di google. Aku bikin sesuai ini dan diterima kok. 



4. Ticket PP 

Intinya kudu ada tiket masuk dan keluar dari negara Schengen nya. Karena negara Schengen yang aku kunjungi Spanyol aja jadi harus ada tiket masuk dan keluar Spanyol. Kalo perginya ke beberapa negara sebaiknya semua tiket dikasih. Tiketnya boleh tiket bodong alias booking dulu di kantor travel. Ga bayar dulu juga gpp. Bayarnya kalo visanya dah jadi aja hahahahahahaha. Tapi aku saranin bikin visa kalo bisa harus dari jauh jauh hari sebelum beli tiket soalnya menjelang tanggal berangkat bisa mahal harga tiketnya dan tiket cepet abis terutama kalo high season.

5. Asuransi Perjalanan 

Beli aja di kantor travel. Yang paling murah itu pas aku beli AIG, satu orangnya US$ 57. Ada lagi yang lebih mahal namanya Zurich. Kalo yang aku baca dari buku-buku travelling, liat apa aja yang bakal dicover terutama kalo mau "macem-macem" hahaha. Aku sendiri sih ga macem-macem jalan-jalannya. Bener-bener ala traveller dibawahnya newbie alias cari aman. Jadi kalo mau ke kantor travel jangan lupa bawa fotocopy paspor, kartu keluarga (soalnya alamat dll harus berdasarkan KK kalo apal isi KK sih ga masalah) atau foto aja simpen di HP soalnya pasti dibutuhin datanya buat bikin asuransi ini. Karena saya ga bawa apa-apa pas ke kantor travel alhasil pas sorenya bongkar dokumen dirumah dan WA an sama mbaknya terus asuransinya jadi di email deh. 

6. Copy Bukti Keuangan Pribadi 

Nah ini bukan sayah yang ngurus. Intinya minta tolong dibikinin aja di bank, bentuknya surat ditujukan ke Embassy of Schengen Countries yang isinya orang ini benar nasabah bank ini ada rekening saldo sekian. Rekening koran 3 bulan yang asli yang tebel disiapin aja buat jaga-jaga kalo diminta sama kedutaan. 

7. Konfirmasi Hotel 

Ini juga udah jelas. Booking aja di booking.com kalo beruntung alias hotel yang diinginkan ada pilihan free cancelation, pilih itu... 

8. Fotocopy KK

Jelas lah ya. 

9. Fotokopi KTP 

Jelas juga.

10. Mengisi formulir visa dan itinerary perjalanan 

Dokumen ini bisa didapet di kedutaan Spanyol atau kalo mau minta dan isi di VFS juga bisa. Biar ga bingung mending isi di VFS aja biar diarahin. Formulirnya harus ditandatangan ya dan yang udah ditandatangan harus difotokopi. Fotokopiannya ini nanti ditempelin foto sama petugasnya sama kaya aslinya dan fungsinya adalah sebagai tanda buat ngambil visanya kalo udah jadi. Kalo kamu pelajar/mahasiswa/kerja, fotokopi juga kartu pelajar/mahasiswa/ID kantor, satu aja dan tulis nama dan alamat sekolah/kampus/kantor di formulirnya buat bukti kalo kita sekolah/kuliah/kerja di Indonesia jadi pasti bakal balik lagi dan ga jadi imigran gelap hahaha. 

Semua berkas sebaiknya difotokopi sesuai jumlah orang yang bakal ikut kita kesana. Karena aku pergi berdua, semua berkas diatas (kecuali asuransi dan fotokopi KTP karena emang satu orang satu) diminta untuk difotokopi jadi dua. Udah dateng ke VFS tapi masih ada berkas yang belum difotokopi? Di dalem kantornya ada fotokopian kok. Kalo masih bingung silakan aja dateng ke VFS nya langsung buat nanya dulu sebelum masukin berkas nanti dijelasin banget banget bangettt sama petugasnya soal apa aja yang harus kita siapin. Aku aja kesana 2 kali karena pas pertama ga dateng sama mama sementara formulirnya harus ditandatangan. Sebaiknya dateng pagi sekitar jam 8-9 kalo mau masukin berkas karena ga gitu ngantri. Pertama kali kesana jam 12 siang udah rame banget. Jangan lupa dicatet yaa setiap omongan penting dari petugasnya soalnya pas masuk kesana harus matiin HP. Pengamanannya ketat banget disana di application centre tiap negara ada satpamnya hiiii. 

Mengenai data sidik jari alias biometri, bukan biometri janin skripsi saya apalagi biometri mata ya, kalo diminta ambil sidik jari aja pas di VFS. Buat yang paspor sebelumnya atau sekarang ada visa Schengennya yang masa berlakunya udah abis sebenernya gpp kalo ga ambil data biometri dengan catetan VFS apa kedutaan Spanyol gitu akan minta datanya ke kedutaan negara Schengen yang terakhir dikunjungi yang ada di paspormu (dan datanya ada). Tapi sebaiknya minta ambil data lagi aja di VFS buat jaga-jaga karena bisa jadi pas datanya mau ditarik dari kedutaan negara Schengen sebelumnya itu, datanya udah ga ada. 

Proses aplikasinya sendiri kata petugasnya 4-15 hari kerja tergantung kedutaan dan ada masalah atau ngga. Tapi punyaku sendiri jadinya pas 4 hari kerja alhamdulillah cepet. Aku masukin berkas hari Jumat pas hari Rabu minggu depannya udah jadi. Kalo mau enak minta pake layanan notifikasi dari VFS jadi kalo visanya udah diproses di kedutaan atau udah jadi akan di SMS dan di email. Harganya 1 orang 20 ribu, mahal sih tapi kalo mau minta aja buat mudahin hidup yang udah ribet ini hahaha. 

Pas aku ambil visanya...bentukannya disegel gitu di amplop nanti disuruh buka sama petugasnya. Cek lagi nama, tanggal, dll udah bener apa belum. Ambil sendiri boleh, kalo yang ngambil orang lain (yang ga ikut bikin visa ini pastinya) pake surat kuasa dan bawa formulirnya yang jelas.



Ini dia visanya...gatau kenapa dapetnya yang 90 hari. Udah gitu berlakunya sampe tahun depan, ada yang mau bayarin pergi? #kodekeras 



Intinya, ga seribet yang dibayangin kok kalo mau ngurus visa sendiri, kuncinya banyak baca, banyak tanya, dan teliti, insya Allah ga bakal skip. Petugas VFS pas aku masukin berkas terkesan banget loh liat susunan berkas aku yang cukup rapi (karena dah dikasi tau sama petugas lain sebelumnya haha) katanya coba kalo yang apply sendiri bisa begini semua. Secara umum berkas yang dibutuhin buat negara Schengen sama aja cuma beda-beda tipis. Kalo sebelumnya udah pernah apply Schengen, gampang kok. 

Sekian postingan saya kali ini. See you on next holiday post!

UPDATE PER 9 JUNI 2017

Aku terharu banyak yang komen & baca *lebay*. Tapi sayangnya karena udah hampir 2 tahun yang lalu bikinnya...jadi informasi disini udah outdated :( Jadi per tahun 2016 kalo ga salah, aplikasi visa turis Spanyol udah ga lewat VFS lagi melainkan lewat BLS International (konsepnya mirip-mirip sih...intinya sama-sama agent). Tapi kalo ada yang maih mau nanya berkaitan dengan aplikasi visa secara umum silakan komen :)