Laman

Rabu, Juli 08, 2015

Pengalaman Mengurus Visa Spanyol

Halo semua alhamdulillah tahun ini bisa pergi juga huahahahahaha setelah bingung mau kemana. Alhamdulillah jadwal tingkat 4 ini cukup bersahabat jadi liburnya panjang sekitar 2 bulanan dari Juni sampe Agustus. Abis stase, langsung EBM, libur deh.

Langsung aja ke inti ceritanya. Ini adalah pertama kalinya aku apply tourist visa dari VFS Global. Jadi ga perlu dateng kedutaan Spanyol nya, langsung kesitu aja. Apa itu VFS? Ya intinya perusahaan (agen visa) yang emang udah ditunjuk dari kedutaan beberapa negara untuk aplikasi visa. Jadi bedain ya sama istilah agen lain yang maksudnya adalah tour atau travel yang ngurusin macem-macem buat bikin visa kita. Kalo ada yang bilang bikin visa pake agen, itu dia maksudnya. VFS sendiri ada di Kuningan City lantai 1 sama 2 tergantung negaranya. Kalo buat apply visa Spanyol tempatnya ada di lantai 1. Jadi kalo mau ngajuin visa turis ke Spanyol, Italia, Inggris, Australia, Dubai, Kanada, Norwegia, Swedia, Denmark, Selandia Baru, sama Singapore (buat WN negara tertentu bukan Indonesia haha) ke VFS aja *bukan promosi soalnya emang begini*

Sebelum dateng kesana...udah jelas lah ya siapin dulu berkas-berkasnya. Ini yang aku printscreen langsung dari web VFS nya yang untuk visa Spanyol :





Kalo mau yang lebih simpelnya, ini dari forum Travellers Kaskus tapi intinya sama aja sih kaya yang atas :



Dijelasin satu-satu ya tapi baca dulu 2-2nya yang diatas terutama buat yang belum pernah bikin visa Schengen samsek...

1. Paspor

Kalo paspornya pake tempat, dilepas dulu tempatnya soalnya paspor baru dan paspor lama bakal distapler dan dikasih barcode. Jangan lupa fotokopi paspor, sebiji aja per orang.

2. Foto

Udah jelas ya.

3. Surat Sponsor

Contohnya sih begini kalo nyari di google. Aku bikin sesuai ini dan diterima kok. 



4. Ticket PP 

Intinya kudu ada tiket masuk dan keluar dari negara Schengen nya. Karena negara Schengen yang aku kunjungi Spanyol aja jadi harus ada tiket masuk dan keluar Spanyol. Kalo perginya ke beberapa negara sebaiknya semua tiket dikasih. Tiketnya boleh tiket bodong alias booking dulu di kantor travel. Ga bayar dulu juga gpp. Bayarnya kalo visanya dah jadi aja hahahahahahaha. Tapi aku saranin bikin visa kalo bisa harus dari jauh jauh hari sebelum beli tiket soalnya menjelang tanggal berangkat bisa mahal harga tiketnya dan tiket cepet abis terutama kalo high season.

5. Asuransi Perjalanan 

Beli aja di kantor travel. Yang paling murah itu pas aku beli AIG, satu orangnya US$ 57. Ada lagi yang lebih mahal namanya Zurich. Kalo yang aku baca dari buku-buku travelling, liat apa aja yang bakal dicover terutama kalo mau "macem-macem" hahaha. Aku sendiri sih ga macem-macem jalan-jalannya. Bener-bener ala traveller dibawahnya newbie alias cari aman. Jadi kalo mau ke kantor travel jangan lupa bawa fotocopy paspor, kartu keluarga (soalnya alamat dll harus berdasarkan KK kalo apal isi KK sih ga masalah) atau foto aja simpen di HP soalnya pasti dibutuhin datanya buat bikin asuransi ini. Karena saya ga bawa apa-apa pas ke kantor travel alhasil pas sorenya bongkar dokumen dirumah dan WA an sama mbaknya terus asuransinya jadi di email deh. 

6. Copy Bukti Keuangan Pribadi 

Nah ini bukan sayah yang ngurus. Intinya minta tolong dibikinin aja di bank, bentuknya surat ditujukan ke Embassy of Schengen Countries yang isinya orang ini benar nasabah bank ini ada rekening saldo sekian. Rekening koran 3 bulan yang asli yang tebel disiapin aja buat jaga-jaga kalo diminta sama kedutaan. 

7. Konfirmasi Hotel 

Ini juga udah jelas. Booking aja di booking.com kalo beruntung alias hotel yang diinginkan ada pilihan free cancelation, pilih itu... 

8. Fotocopy KK

Jelas lah ya. 

9. Fotokopi KTP 

Jelas juga.

10. Mengisi formulir visa dan itinerary perjalanan 

Dokumen ini bisa didapet di kedutaan Spanyol atau kalo mau minta dan isi di VFS juga bisa. Biar ga bingung mending isi di VFS aja biar diarahin. Formulirnya harus ditandatangan ya dan yang udah ditandatangan harus difotokopi. Fotokopiannya ini nanti ditempelin foto sama petugasnya sama kaya aslinya dan fungsinya adalah sebagai tanda buat ngambil visanya kalo udah jadi. Kalo kamu pelajar/mahasiswa/kerja, fotokopi juga kartu pelajar/mahasiswa/ID kantor, satu aja dan tulis nama dan alamat sekolah/kampus/kantor di formulirnya buat bukti kalo kita sekolah/kuliah/kerja di Indonesia jadi pasti bakal balik lagi dan ga jadi imigran gelap hahaha. 

Semua berkas sebaiknya difotokopi sesuai jumlah orang yang bakal ikut kita kesana. Karena aku pergi berdua, semua berkas diatas (kecuali asuransi dan fotokopi KTP karena emang satu orang satu) diminta untuk difotokopi jadi dua. Udah dateng ke VFS tapi masih ada berkas yang belum difotokopi? Di dalem kantornya ada fotokopian kok. Kalo masih bingung silakan aja dateng ke VFS nya langsung buat nanya dulu sebelum masukin berkas nanti dijelasin banget banget bangettt sama petugasnya soal apa aja yang harus kita siapin. Aku aja kesana 2 kali karena pas pertama ga dateng sama mama sementara formulirnya harus ditandatangan. Sebaiknya dateng pagi sekitar jam 8-9 kalo mau masukin berkas karena ga gitu ngantri. Pertama kali kesana jam 12 siang udah rame banget. Jangan lupa dicatet yaa setiap omongan penting dari petugasnya soalnya pas masuk kesana harus matiin HP. Pengamanannya ketat banget disana di application centre tiap negara ada satpamnya hiiii. 

Mengenai data sidik jari alias biometri, bukan biometri janin skripsi saya apalagi biometri mata ya, kalo diminta ambil sidik jari aja pas di VFS. Buat yang paspor sebelumnya atau sekarang ada visa Schengennya yang masa berlakunya udah abis sebenernya gpp kalo ga ambil data biometri dengan catetan VFS apa kedutaan Spanyol gitu akan minta datanya ke kedutaan negara Schengen yang terakhir dikunjungi yang ada di paspormu (dan datanya ada). Tapi sebaiknya minta ambil data lagi aja di VFS buat jaga-jaga karena bisa jadi pas datanya mau ditarik dari kedutaan negara Schengen sebelumnya itu, datanya udah ga ada. 

Proses aplikasinya sendiri kata petugasnya 4-15 hari kerja tergantung kedutaan dan ada masalah atau ngga. Tapi punyaku sendiri jadinya pas 4 hari kerja alhamdulillah cepet. Aku masukin berkas hari Jumat pas hari Rabu minggu depannya udah jadi. Kalo mau enak minta pake layanan notifikasi dari VFS jadi kalo visanya udah diproses di kedutaan atau udah jadi akan di SMS dan di email. Harganya 1 orang 20 ribu, mahal sih tapi kalo mau minta aja buat mudahin hidup yang udah ribet ini hahaha. 

Pas aku ambil visanya...bentukannya disegel gitu di amplop nanti disuruh buka sama petugasnya. Cek lagi nama, tanggal, dll udah bener apa belum. Ambil sendiri boleh, kalo yang ngambil orang lain (yang ga ikut bikin visa ini pastinya) pake surat kuasa dan bawa formulirnya yang jelas.



Ini dia visanya...gatau kenapa dapetnya yang 90 hari. Udah gitu berlakunya sampe tahun depan, ada yang mau bayarin pergi? #kodekeras 



Intinya, ga seribet yang dibayangin kok kalo mau ngurus visa sendiri, kuncinya banyak baca, banyak tanya, dan teliti, insya Allah ga bakal skip. Petugas VFS pas aku masukin berkas terkesan banget loh liat susunan berkas aku yang cukup rapi (karena dah dikasi tau sama petugas lain sebelumnya haha) katanya coba kalo yang apply sendiri bisa begini semua. Secara umum berkas yang dibutuhin buat negara Schengen sama aja cuma beda-beda tipis. Kalo sebelumnya udah pernah apply Schengen, gampang kok. 

Sekian postingan saya kali ini. See you on next holiday post!

29 komentar:

Imam Sunarko mengatakan...

mau tanya, apakah surat sponsor itu harus. kebetulan saya Akhor maret mau resign Dr kerjaan Dan bulan Mei mau trip ke Europe. mohon pencerahan nya. thanks

Laras mengatakan...

halo Pak Imam Sunarko (bingung nih mau manggilnya apa)

jadi ini link terbaru buat persyaratannya : http://www.vfsglobal.com/spain/indonesia/bahasa/Tourist_visit.html
disitu tulisannya : Jaminan keuangan: sertifikat kerja dari pemohon dimana tertulis jabatan serta gaji, atau kopi kontrak kerja yang dilegalisir dan slip gaji 3 bulan terakhir; surat keterangan Bank dimana tercantum saldo rekening atau laporan keuangan dengan transaksi 3 bulan terakhir.
intinya tujuan surat sponsor itu sepenangkapan saya buat jaminan, ada biaya gitu istilahnya selama pergi disana...mengenai apa yg bs jadi jaminan keuangan itu kalo selain surat sponsor saya jg kurang tau sih coba aja ditelpon ke VFS globalnya...

soruzia mengatakan...

halo mbak laras,

jadi apa bedanya kalo kita apply ke vfs atau langsung ke kedutaan?

thanks

Laras mengatakan...

halo soruzia,

ada bbrp kedutaan negara yg secara khusus emang nunjuk VFS buat pengurusan visa turisnya jadi ga perlu ke kedutaan lagi...salah satunya Spanyol ini, coba aja di cek di web VFS Indonesia negara mana aja yg kalo mau ngurus visa turis harus ke VFS, kalo yg ngga seingetku Belanda...

cmiiw

magelinarinny pieter mengatakan...

Mbak.. Saya mau tanya untuk booking pemesanan penginapan.. Apa tdk apa2 melalui booking.com krn saya baca di review yg lain hrs dari hotelnya lgs alias direct.. ? Terima kasih

Laras mengatakan...

halo mbak magelinarinny

pas aku dulu sih gpp kalo direct juga kayanya ga masalah...yg penting ada buktinya

magelinarinny pieter mengatakan...

Halo mbak.. Kemarin senin saya sdh masukkan semua dokument via vfs.. Maaf mbak mau tanya lagi.. Sesudah itu apa nanti ada panggilan interview dari kedutaan spanyol nya ? Makasih sebelumnya..

Laras mengatakan...

halo mba...

biasanya sih ga dipanggil, tapi bisa aja dipanggil sm pihak kedutaan kalo emang ada dokumen tertentu diminta buat diliat (contoh : diminta rekening koran yg tebel)

cmiiw

magelinarinny pieter mengatakan...

Saya sdh memasukkan semua document ke vfs.. Dan booking hotel melalui booking.com tetapi tadi pagi pihak vfs meminta untuk disertakan pemesanan hotel yg sdh dikonfirmasikan lgs dari hotelnya.. Dan disitu harus disertakan kalimat bahwa saya sudah membayar lunas pemesanan kamar ihik..ihik... Ternyata ribet yaa mau ngurus visa schengen..

Laras mengatakan...

wah ribet juga ya sekarang...saya sebenernya juga baru pertama kali sih ngurus ke VFS pas itu baik2 aja...padahal cuma beda beberapa bulan loh...

Theresia Tobing mengatakan...

Sangat bermanfaat, Mba Laras. Terima kasih atas sharingnya.

Reza Elfagih mengatakan...

Gan mau tanya,minggu depan saya mau ngurus visa spanyol,saya niat liburan,tapi saya juga dapet surat undangan dari warga spanyol,yg juga jamin tempat tinggal selama saya disana.naah pertanyaannya,saya harus apply visa turis atau kunjungan???

Laras mengatakan...

halo gan reza maaf baru bales

tujuan perginya buat liburan atau kegiatan tertentu yg harus pake undangan kah? kalo liburan apply visa turis tp undangan dr warga spanyol nya dilampirin buat 'jaminan' tempat tinggal nya biar dr kedutaan ada info selama disana tinggal dimana

semoga membantu

Reza Elfagih mengatakan...

Mba,saya minggu depan mau apply,cuma saya masih bingung,saya dapet surat undangan dari temen saya dispanyol dalam bentuk email,apakah saya harus mencetak suratnya atau hanya perlu menyuruh teman saya mengirim email keledutaan?

Laras mengatakan...

Saran saya cetak aja emailnya, biar pas nyerahin jadi satu sm dokumen2 lainnya

Reza Elfagih mengatakan...

Fan,sy uda apply,trus nanti pngirimannya pake jasa kurir,soalnya saya dari jawa timur.
Tapi pavi ini saya dpet telpon hrus ngambil kevfs langsung,karena ada berkas yg harus ditandatangani.
Kira2 apa ya gan??kok bisa disuruh ksna.

Laras mengatakan...

nah kalo yg kaya gitu saya kurang tau deh...maaf...coba ditelpon lg aja vfs nya

Unknown mengatakan...

Mbak, mau tanya kalau saya mau ke spanyol utk menghadiri konferensi 5 hari tp 5 hari tp saya di spanyol 10 hari termasuk jalan2..saya sebaiknya apply visa jenis apa ya? Turis, belajar atau kunjungan resmi?
Terima kasih

rositha mujica mengatakan...

mba, saya mau tanya harga untuk mengajukan visa selama 2 hari saja disana berapa ya? terimakasih

Laras mengatakan...

halo unknown yg saya gatau namanya haha maaf baru bales...kurang tau juga sih jenis apa soalnya blm pernah apply visa buat konferens...

Laras mengatakan...

halo mba rositha, utk harganya setau saya sama aja ga tergantung hari...kalo ga salah tahun kmrn itu pas saya apply sekitar 900 rb an lebih tambah biaya VFS nya kalo skrg udah berubah ga tau jg hehe semoga membantu

ida laela mengatakan...

Mba dari mulai apply sampe visa keluar berapa hari ya mba? Terus paspor asli harus ditinggal ya? Thanks mba.

Laras mengatakan...

halo mba ida,

yes paspor asli ditinggal kan mau ditempelin visanya, punyaku jadi 6 hari mulai dari apply sampe visanya keluar (4 hari kerja)

dyah mengatakan...

Hai mba, saya dyah. Saya apply visa ke VFS dari tanggal 26 september 2016 dan ini sudah 15 hari kerja tanpa kabar berita sekalipun, deg-degan iya hehehe... Kalau seperti itu bisa tidak ya saya menanyakannya langsung ke embassy? Thanks before.

Laras mengatakan...

halo mba dyah maaf baru bales lg sibuk hehe, jd gimana visanya udah jadi kah? sebaiknya coba tanya ke VFS dulu harusnya ada respon :)

Anonim mengatakan...

Permisi mbak.kan ada tuh program cimsa exchange.nah kita sebagai mahasiswa kan gapunya penghasilan.yg dilampirkan keuangan 3 bulan trkahir apa yaa.atau minim saldo.
Terus kalo exchange cimsa kan biasanya ada hosting family atau di student hostel.nunjukin tempatnya gimana yaa mbak

Laras mengatakan...

hai anon kujuga anak cimsa hahaha tp ga aktif

kalo mahasiswa pake bukti keuangan orangtua bisa sm jgn lupa kasih fotokopi kartu mahasiswanya pas apply
aku juga kurang tau gmn kalo buat exchange soal tempat tinggalnya soalnya blm pernah bikin visa buat exchange hehe

maaf kl kurang membantu

Adit Harmadi mengatakan...

halo mbak laras....
rencananya bulan depan aku mo ke spain,ada undangan kesana....
mengenai persyaratan,klo nggak ada rekening koran gimana ya?
trus,invitation letter nya itu bisa nggak print dari email?
thanks sebelumnya...

Laras mengatakan...

halo mas adit
sebenernya rekening koran itu ga wajib ada sih cm kl sewaktu2 diminta kalo bisa udah siap sedia biar ga ribet
surat dr bank yg bukti keuangan aja cukup
invitation letter di print aja

semoga membantu :)