Laman

Senin, Agustus 24, 2015

Morocco-Spain Trip Day 6 (24 Juli 2015)

Hiyak hari ini tadinya mau ke Barcelona tapi ga jadi ec kehabisan tiket kereta yang pagi. Jadi hari ini kami memutuskan untuk ke Seville.

Karena semalem pada tepar, kami baru berangkat ke stasiun dari hotel jam 9 an. Kami ke Puerta del Sol dulu buat naik kereta ke stasiun Madrid Atocha. Jalan menuju stasiun metronya ada eskalatornya, ga kaya di Paris yang kudu naik turun tangga. Setelah turun, kami beli tiket kereta regional, namanya Renfe, untuk ke stasiun dari mesin. Di mesinnya ga ada petunjuk bahasa Inggris jadi nanya dulu sama petugas. Untuk 1 orang dari Sol ke Atocha harga tiketnya 1,7 euro. Suasana stasiunnya nyaman banget ga chaos kaya di Paris.

lika liku menuju kereta
mesin buat beli tiket
kudu banyak naik turun

Abis beli tiket kami langsung ke platform kereta. Keretanya juga cepet datengnya. Pas masuk...nyaman dan bagus banget. Jauh beda sama yang di Paris. Kebetulan juga keretanya lagi sepi jadi bisa duduk. Andai transportasi umum di Indonesia kaya gini.

keretanya nyaman ya

Setelah 2-3 menit duduk di kereta akhirnya sampe juga di stasiun. Jarak dari tempat perhentian Renfe ke tempat beli tiket di stasiun cukup jauh, kudu naik tangga dan jalan jauh.

keretanya berenti disini, dari sini ke dalem stasiun masih harus jalan lagi
Sesampainya di tempat beli tiket kereta, rupanya rame banget. Kita bisa milih mau beli buat hari ini apa hari lain. Kalo buat hari ini kita langsung ngantri, kalo buat hari lain kita ambil nomer antrian dulu baru ke loket pas dipanggil. Tadinya mau beli tiket ke Barcelona buat siang ini tapiiii sudah habis. Adanya yang buat malem kalo beli two way alias bolak balik. Akhirnya aku nyerah dan ambil nomer antrian buat beli untuk besok. Sambil nunggu dipanggil, aku ngantri buat beli tiket hari ini ke kota lain yang masih ada. Untungnya yang ke Seville ada jam 12, harga tiket kelas 2 (turis) nya 221,3 euro buat 2 orang two way. Abis dapet tiket, ga lama kemudian dipanggil buat beli tiket besok, mana ketemu petugas yang sama kaya pas pertama ga jadi beli tiket di loketnya. Akhirnya dapet juga tiket ke Barcelona buat besok pagi harganya 353 euro kalo ga salah untuk 2 orang two way. Kelas turis tentunya.

tempat beli tiket
suasana stasiun
Selanjutnya kami nanya-nanya petugas diluar buat tau kemana selanjutnya. Kami diarahin langsung naik ke baggage check terus langsung turun ke platform (gerbong) tempat kereta kami berada. Karena udah mau jam 12 kami langsung masuk kereta, di tiketnya ada gerbong sama seat nya jadi ga perlu khawatir ga dapet tempat. Pas masuk keretanya...bagus banget, enak, dan dingin. Udah gitu gerbong kami pas sebelah gerbong kafetaria jadi bisa jajan haha. Oiya di samping bangku ada colokan jadi ga perlu khawatir mati gaya karena ga bisa nge charge apapun.

suasana kereta yang nyaman
kafetaria

Setelah 2,5 jam perjalanan akhirnya sampe di Seville. Keluar stasiun rasanya phuanassss, disini suhunya menurut iPhone paling tinggi 35 derajat. Dari stasiun kami ke Plaza de Espana naik bis. Mirip sama kebanyakan negara Eropa, beli tiketnya bisa di dalam bis.

halte bis
depan stasiun

di dalam bis

Bis berhenti di belakang plaza menurut peta. Karena kami kebingungan nyari plazanya dimana, alhasil malah masuk ke taman namanya Prado de San Sebastian. Dari situ karena udah kelaperan pas nemu cafe namanya Bar Citroen tepat di belakang plaza, langsung mampir buat makan. Biar menunya makanan gede, harganya relatif murah, 7.4 euro buat berdua.

Prado

tampak depan cafe tempat kita makan

Abis makan kami langsung ke plaza dan...pemandangannya indah persis gambar-gambar di internet Masya Allah. Pohon-pohon sekitarnya juga bagus, jadilah foto-foto terus disana. Selain itu ada juga kolam, disitu bisa dayung boat ala ala Venice gitu.

ini nih gondolanya

beli eskrim, enak nih dimakan panas-panas dan super gede dibandingin twister disini
Hingga sampai saatnya kami bingung di satu titik mau ngapain setelah foto-foto. Pas jalan deket halte, kebetulan ada bis merah yang keliling kota ituloh. Langsung aja naik deh. Harga tiketnya 1 orang 18 euro. Ada tempat-tempat perhentiannya, kalo mau request turun di satu tempat juga bisa sih. Tapi sayang bisnya panas bok jadi kipasan deh. Lumayan lah istirahat bentar jalan-jalan keliling Seville.

Pas udah sampe tempat belanja, pokoknya patokannya El Corte Ingles, kami turun dan mampir ke toko-toko sampe jam setengah 7 an. Setelah itu kami naik bis ke stasiun soalnya kereta pulangnya jam 19.19 takut ketinggalan *masih trauma sama yang kemaren*.

jadii nama kawasan belanja ada di jalan ini

Sampe stasiun kami jalan-jalan liat toko dan beli makan buat dimakan di kereta. Beberapa menit sebelum kereta berangkat kami masuk ke kereta. Sebelumnya ada yang unik nih, sama kaya tadi pas berangkat kami dicek dulu barang bawaannya kaya mau naik pesawat. Buat yang bawa koper juga ada syaratnya. Tiket dikasih liat sebelum masuk kereta juga, ga pas di kereta.

Sevilla Santa-Justa *maap fotonya jelek*

Kali ini bentukan keretanya beda sama yang pas berangkat.

di dalam kereta yang nyaman

sesampainya di Madrid
Akhirnya sampe juga di Madrid jam 10 kurang, abis itu naik Renfe lagi ke Sol dan jalan deh ke arah hotel. Sebelumnya beli cemal cemil dulu di restoran kecil deket hotel. Abis itu balik dan istirahat deeh.