Laman

Senin, Agustus 24, 2015

Morocco-Spain Trip Day 9 (27 Juli 2015)

Hari ini saya pergi sendiri karena satu dan lain hal, judulnya solo travelling to Cordoba!!! Pagi-pagi beli donat di Dunkin dan sarapan di restoran deket hotel karena breakfast nya belum buka. Abis itu langsung ke Sol, naik Renfe ke stasiun, dan sesampainya di stasiun beli tiket kereta. Sepi parah tempatnya beli tiket aku langsung beli ga pake ngantri asyiiikkk.

Ternyata, kereta yang paling cepet berangkat ke Cordoba itu jam 9, which is 15 menit lagi. Aku beli tiket 2 way harganya 102,9 euro. Langsung deh buru-buru ke platform. Sempet bingung soalnya di papan keberangkatan atau apalah itu namanya ga ada tulisan Cordoba, adanya Sevilla Santa-Justa. Setelah nanya petugasnya ternyata bener naik yang itu, turun pas di Cordoba. Aku tidur di sepanjang perjalanan.

di dalam stasiun

stasiun tampak luar
bis di Cordoba

suasana kota
jalan menuju wilayah bersejarah
gerbang masuk
Setelah 2 jam kurang akhirnya sampe juga di Cordoba. Berkat bantuan embah gugel, langsung nemu bis yang jalan ke Mezquita-Cathedral Cordoba, objek wisata utama di kota ini. Perjalanannya 15 menit ada kali. Sesampainya disana aku langsung foto-foto sekitar, liat bagian luar katedral dulu baru beli tiket masuk. Harga tiketnya 8 euro, ada juga yang pake guided tour cuma lebih mahal ga tau berapa. Ada juga tower yang bisa dinaikin tapi beli lagi tiketnya.

menuju katedral

halaman luar katedral

Masuk sana...kesan pertama...gede banget. Sampe bingung mau kemana dulu. Jadinya ya muter-muter aja didalem situ, kadang ikut dengerin guided tour nya biar engeh sama sejarahnya. Ini dia fotonya...

langit-langitnya bagus semua
tempat buat kebaktian

pilar-pilar terkenal kaya gambar di mbah gugel

dua kapel
pintu depan katedral (banyak sih)

mihrab

Setelah hampir sejam muter, aku keluar beli makan di restoran deket situ namanya Cafe Heladeria kalo ga salah. Karena udah laper banget, aku pesen risotto alias nasi lagi-nasi lagi. Seluruh menu ini totalnya 10,8 euro.

risotto

suasana sekitar restoran
Abis makan, waktunya bakar kalori. Aku jalan dari restoran liat toko suvenir bentar, terus ke Roman Bridge menuju Calahorra Tower. Ternyata puanaaaasssss banget dan rasanya capek banget. Udah minum kok rasanya haus lagi gitu. Pas dicek gataunya suhunya 42 derajat, sama kaya di Fes bahkan ini rasanya lebih panas.

bangunan, jalanan, ngingetin sama Mykonos sama Santorini

toko suvenir
dari atas Roman Bridge

Calahorra Tower

Pas udah sampe tower nya...mau naik ke atas, masuk liat museumnya alias ngadem, eeeh udah mau tutup dan baru buka lagi pas sore. Yasudahlah balik jalan ke sekitaran katedral alias liat-liat toko suvenir sama beli minum. Abis itu aku ke gerbang depan liat panoramic view jadi bisa liat sekitaran wilayah bersejarah istilahnya dari atas gerbang. Capek sih naik-naiknya tapi pemandangannya ok. Harganya 1 euro.

view dari atas

Karena udah capek, abis itu aku naik bis City Sightseeing Tour dari halte deket katedral. Lumayanlah duduk muter-muter kota. Btw awal-awal yang di bis cuma sayah berdua sama supirnya hahaha. Gahul pulak supirnya semprot-semprot rambut terus. Terus di pemberhentian sekian ada orang dateng tapi naik ke atas. Lagi-lagi saya dibawah berdua pak supir haha. Bisnya keliling kira-kira sejam. Aku naik dari awal sampe balik lagi ke tempat aku naik.

bis kursi atas

suasana kota Cordoba

pas lagi berhenti bentar

supir yang kerjaannya nyemprot rambut mulu dan HP nya iPhone 6 jadi sayah kalah

Setelah badan dan kaki udah enak buat jalan, aku pergi beli eskrim. Maunya sih milk chocolate tapi entah kenapa yang jual salah denger apa begimana dikasihnya MINT chocolate. Tapi enak sih haha. Harganya 2,5 euro.
mint chocolate
Karena hari sudah sore dan udah mau jam 4, saya balik ke stasiun naik bis sama kaya dari stasiun ke sekitaran katedral. Nunggunya mayan lama, 15 menitan. Untung ga telat sampe stasiun. Dibandingin stasiun lain di Spanyol, disini stasiunnya kecil.

toko di stasiun, emang dikit sih
gerbong no 12 alias 'eksklusif' hahahaha

Jam 16.56 kereta berangkat dan jam 18.40 sampe di Madrid. Abis itu langsung ke Sol lagi buat makan malem sekalian balik hotel. Kali ini makan di restoran Parrilla. Pesen makanan ini, bayarnya 25 euro an lah. Btw spaghettinya tawar...

Abis makan langsung balik hotel dan istirahat. Can't believe tommorow is our last day karena Rabu berangkat ke bandara *halah sok campur bahasa* dan kembali ke dunia nyata. See you next post :)