Laman

Kamis, Mei 19, 2016

Channel Video Kedokteran di Youtube

Lagi fase denial banget mengingat ujian udah deket, nama penguji udah ada dan otak masih kosong. Ngepost aja lah buat ngelepas stres. Sebenernya mau nulis ini dari jaman kapan cuma baru kesampean sekarang. Buat temen-temen semua terutama mahasiswa kedokteran atau kesehatan lainnya atau siapapun yang punya minat di bidang kedokteran baik dasar maupun klinik, aku punya sejumlah rekomendasi channel video di youtube buat belajar biar lebih ngerti, terutama kalo tipe belajarnya visual. Yang bayar aku bold ungu ya *edisi warna janda aja*

1. Khan Academy

Khan Academy ini akunnya ada macem-macem, ada yang Khan Academy secara umum, topiknya banyak seperti pelajaran anak sekolah seperti, matematika, sains kaya biologi, fisika, kimia, ekonomi, art, komputer, dan persiapan tes-tes buat lanjut studi ke luar negeri macam SAT, GMAT, dan sejenisnya. Channelnya selain yang umum ada banyak, salah satunya Khan Academy Medicine. Yang lainnya ada Organic Chemistry, New SAT, Computing, Early Math, dll. Pembahasannya dari tiap topik dalem banget dan pengisi kontennya pastinya profesional di bidangnya, bisa kerjasama sama universitas tertentu. Penjelasannya kaya dikuliahin, kaya diajarin pake tulisan dan digambarin di 'papan tulis' gitu. Durasi per video cukup panjang, bisa sampe belasan menit, tapi enak, jelas, dalem, dan ga ngebosenin pastinya.

Tiap topik dibikin dalam satu playlist dan didalem playlist ada banyak video terkait topik besarnya.
contoh video
Pokoknya seluruh video disini sesuai sama slogannya : "You only have to know one thing: you can learn anything." (and it's totally free :) )

cakep kan quote nya
2. Armando Hasudungan
  
Kurasa banyak mahasiswa FK yang udah tau dia siapa dan pernah nonton video nya, orangnya ganteng, turunan Batak pula. Ini link channelnya, kalo mau kepo cek profilnya disini. Karena background nya emang medical student, jadi udah pasti konten-konten videonya hampir semua berkaitan sama kedokteran, mulai dari yang biomed banget sampe penyakit-penyakit. Bentuk video nya digambarin cuma dipercepat ga kaya Khan yang bener-bener digambar terus kita nunggu seolah-olah liat kuliahnya beneran. Penjelasan dari tiap video detail, dan dari tahun ke tahun kontennya makin keren dan berwarna-warni. Selain itu, kita juga bisa download gambar video nya dari website nya (format PDF) atau link yang disediain di deskripsi video (bisa format JPG). Di FB fanpage nya biasanya juga suka ada. Kadang sambil nonton suka ngiri kok bisa ya ada orang gambar sebagus itu huhu.

contohnya kaya begini, keren kan
Seluruh konten video gratis dan cukup sering update loh!

3. Interactive Biology

Ini sebenernya channel video sains (kebanyakan biologi) cuma ada beberapa topik terkait kedokteran, terutama buat yang mau mendalami atau review ilmu-ilmu dasar. Bentuknya dikasih gambar plus animasi. Durasi videonya cukup panjang tapi worth it kok. Sayangnya sekarang udah ga banyak update :(


 
4. Nucleus Medical Media

Salah satu channel dengan tampilan visual paling keren. Juara banget animasinya. Sebenernya sih bukan channel buat pembelajaran, lebih ke edukasi awam sama sebagian buat promosi gitu. Durasi video nya pendek-pendek tapi animasinya ngejelasin banget buat tau gambaran awal suatu topik dan cukup ngeringkas mekanisme yang ribet-ribet. Pilihan topiknya cukup luas, mulai dari penjelasan penyakit sampe macem-macem prosedur bedah ribet dengan penjelasan yang awam banget. Plusnya, ada edukasi juga, jadi sebelum prosedur pasien perlu apa atau pas ada keluhan apa perlu pergi ke dokter lagi. Sering update kok.

keren kan, buat jelasnya tonton aja channel nya
5. Anatomy Zone

Sesuai namanya, channel ini ya buat belajar anatomi. Bentuknya, si pembuat video gabungin penjelasan pake aplikasi web atlas anatomi 3D (http://anatomylearning.com/en/) dan gambar-gambar lain misal potongan sagital/coronal/axial dari suatu struktur. Penjelasannya enak, tiap topik dibagi ke dalem beberapa video yang durasinya cukup sebentar, biasanya ga nyampe 10 menit. Baru tau juga ni channel punya cabang yaitu Physiology Zone sama ECG Zone tapi belum nonton jadi belum dibikin review nya yaa.

contoh atlas anatomi 3D

6. KenHub

Channel tentang anatomi juga, masih relatif baru. Bentuknya animasi, keren, penjelasannya asyik, video nya pendek, kurangnya cuma satu, mbhuayar. Di Youtube kebanyakan video preview, yang lengkap cuma sedikit. Kalo mau akses lebih lengkap bisa daftar di web nya, fiturnya macem-macem ga cuma video, dan bayar tiap bulan pastinya. Strategi marketingnya keren hahaha.

7. Study.com

Tenang, yang ini ga serese no 6 kok hahaha. Topiknya sih ga cuma tentang kedokteran, luas juga kaya Khan Academy. Untuk video terkait kedokterannya, lebih banyak soal ilmu biomedik, anatomi, sama fisiologi. Penjelasannya pake animasi, enak, menyenangkan, dan di akhir video selalu ada review nya. Durasinya cukup bervariasi. Di youtube sendiri sih udah cukup banyak video nya tapi sayangnya kalo mau yang super duper lengkap, di website nya ada tapi kudu bikin member dan bayar perbulannya. Padahal di bawah video suka ada penjelasan detail nya. Ini channel super duper enak buat belajar dasar tapi ya...semoga makin banyak deh video gratisannya haha. 


8. Medcram

Sama kaya Armando, channel ini difokusin buat medical student. Topiknya cukup banyak, terutama sih penyakit dalam karena si pemberi materinya dokter penyakit dalam, tapi update ga terlalu sering. Bentukannya kaya Khan Academy, ditulisin dan digambarin. Durasi video cukup panjang bahkan kadang panjang banget jadi buat yang suka ngantuk di tengah-tengah tahan aja haha. Penjelasannya soalnya lumayan dalem jadi durasinya lama.

beti lah ya sama Khan

9. CanadaQBank

Ini channel emang udah ada dari jaman kadal tapi aku suka nontonin video nya baru-baru ini. Topiknya lebih tentang penyakit dan penjelasannya klinis banget karena difokusin buat mahasiswa FK diluar sana yang mau ujian macam USMLE. Penjelasannya ada gambar plus tulisan mirip Khan dengan background putih dan susunan yang lebih acak-acakan haha. Intinya, ringkas dan padet. Durasinya kadang lama kadang ngga, biasanya 6-15 menit, tapi yang bikin lama karena ada latihan soalnya di akhir *sayah biasanya ngeskip bagian ini*


10. Draw it to Know it 

Salah satu channel paling bantu pas stase neurologi! Sesuai namanya, dijelasinnya dengan digambarin. Ga ada tuh istilahnya belajar dasar neuro ribet pas nonton ini *tsaah*. Durasi per videonya ga panjang, dan setelah sekian lama tak update ada sejumlah video baru yang ga cuma tentang neurologi haha.


11. EyeSeeWhatYouDidThere

Bisa kubilang, SEMUA ilmu mata yang perlu dipahamin pas koas ada di channel ini. Sesuai namanya, emang eye semua isinya. Pendekatannya juga mirip-mirip pas belajar mata, misalnya mata tenang visus turun mendadak, turun perlahan, ada topik sendiri tentang katarak sama glaukoma juga. Penjelasannya digambar di kertas, terus ganti bahasan balik kertas, cukup detail tapi tetep ringkas. Di awal dijelasin dulu kok basic nya. Videonya emang lama banget sekitar 40 menitan tapi sangat worth it.  

12. HelpHippo

Aku dikasi tau channel ini dari temen, dan isinya cukup 18++ karena banyak istilah dewasa hahaha. Topik kedokterannya cukup bervariasi, mulai dari dasar sampe klinis. Cocok buat yang efektif kalo belajar pake jembatan keledai dan pengen tau dalam waktu singkat. Video nya durasinya pendek-pendek tapi sayang belum update lagi :(
18++ banget kan

13. Osmosis

Last but not least, salah satu channel favoritku saat ini ya Osmosis. Masih baru sih cuma sejak pertama kali nonton video nya aku langsung jatuh cinta! Topiknya tentang klinis sih tapi di awal bisa aja dijelasin dasarnya dulu. Penjelasannya itu gambar digabung sama animasi pokoknya keren deh. Bener-bener ngebantu buat 'osmosis' deh.

kaya gini hahaha
Durasi video di osmosis ini cukup lama tapi penjelasannya cukup banget, ga kedaleman tapi ga superfisial juga. Karena masih baru, jadi video nya belum terlalu banyak tapi biasanya update tiap hari Senin, Selasa, sama Rabu.

caem banget kan animasinya :'))
Sekian dulu postingannya. Mungkin kalo ada yang punya rekomendasi lain bisa comment. Sudah malam, sudah waktunya tidur. See you next post :)

Tidak ada komentar: