Laman

Jumat, September 14, 2018

Skincare Routine Laras per September 2018 (Dry to Combination)

Halo semua kali ini ku mau nulis tentang skincare lagi hahaha. Jadi...pas sehari setelah nulis postingan ini ada satu masalah yang cukup besar di kulit mukaku yaitu...kulitku bersisik dan super kering. Kenapa bisa begitu? Aku sendiri belum tau penyebab pastinya, kemungkinan sih kalo sok-sok an diagnosis sendiri karena dehidrasi, over exfoliating atau over cleansing. Setelah baca-baca banyak review produk, nonton banyak video di youtube mulai dari skincare guru sampe dokter kulit, pengetahuan insya Allah jadi makin banyak dan makin kesini aku jadi makin hati-hati dan teliti buat milih produk karena setiap produk efeknya akan beda di setiap orang :)

Beberapa produk dari post sebelumnya kebanyakan udah abis, ada produk baru yang aku pake, ada juga yang udah lama. Jadi, aku ngakalinnya gini. Produk-produk yang ga ngasih efek ke muka aku apply di...leher sodara-sodara. Sejauh ini sih di leher ga ada efek aneh-aneh dari make produk muka. Justru kita perlu pake skincare di leher juga biar warna kulit leher dan muka sama dan leher bisa jadi kinclong kaya muka hahaha. Langsung aja deh ya biar intronya ga kepanjangan.

AM

Skincare pagi relatif lebih simpel karena kalo make produk yang ribet-ribet ga keburu atuh kalo mau pergi.

1. Cleanser

Dove Beauty Moisture Facial Foam

Cleanser kecintaanku!!! Sama sekali ga bikin kulit ketarik dan cenderung melembabkan. Ingredients nya juga aman, ga ada SLS dan paraben jadi cocok buat kulit kering kaya kulitku. Harganya juga sangat sangat affordable, gampang dicari di minimarket deket rumah juga ada. Tapi buat yang suka cleanser berbusa mungkin akan kurang suka sama produk ini. Efek lain selain membersihkan ga ada sih karena aku juga ga nyari cleanser yang bisa ngasih efek macem-macem haha.


Sekarang ini lagi ga double cleansing karena kalo double cleansing kulitku malah jadi kaya ketarik...jadi masih nyari first cleanser juga. Kecuali kalo pake make up/bedak pasti dibersihin dulu pake micellar water atau makeup remover (ini sih yang ada aja).

2. Hydrating Toner

Haple Pure Rose Water


Produk ini aku pake sebagai hydrating toner biarpun sebenernya rose water bisa dipake buat face mist atau campuran masker. Wanginya enak, ga menyengat, dan cukup hydrating kalo kulit lagi ga ada masalah (kalo lagi bermasalah ya perlu pake produk hydrating tambahan). Biasanya abis cuci muka pas masih ada sisa air di wajah langsung semprot ini ke muka (semacam 3 seconds rule yang ga 3 detik persis banget) jadi lebih hydrating. Harganya lumayan terjangkau, bisa dibeli di Tokopedia atau Shopee officialnya.


3. Face Oil

Haple Nature Oil Grapeseed Oil


Aku beli ini gara-gara kemakan banyak review entah dari influencer, orang biasa, dan dari akun sosmed Haple nya sendiri hahaha. Banyak yang bilang ini bisa bantu ngilangin jerawat dan cocok buat kulit berminyak. Grapeseed oil ini di aku membantu banget buat nyembuhin breakout, waktu itu ga cocok pake make up remover Mayb*llin* langsung muncul jerawat kecil dimana-mana. Kira-kira semingguan efeknya baru keliatan, jerawat jadi berkurang dan bekasnya ga parah-parah amat. Kulit juga jadi ga gradakan. Selain itu, whiteheads yang susah banget keluarnya jadi lebih gampang keluar biarpun butuh waktu. Aku pake ini pas rose waternya masih belum kering di wajah karena sesuai sarannya face oil menyerap paling baik pas kulit agak-agak basah gitu. Alhasil wajah jadi lebih lembab dan jauh lebih mulusss dibanding pas awal-awal breakout dulu :)

4. Moisturizer

Sukin Rosehip Hydrating Day Cream

Beli ini karena iseng aja lagi pengen nyari moisturizer. Kulit aku kalo lagi kering super parah bisa sampe ngeletek jadi perlu kelembaban ekstra haha. Pertama kali banget pake ini kulit langsung jerawatan kecil-kecil aku juga ga tau kenapa :( Mungkin pas itu kulit lagi kurang sehat dan deket-deket tanggal menstruasi (biasa lah masalah perempuan). Ga cocok di muka, aku pake di leher, jerawatan juga lehernya :( Bener-bener hopeless pas itu sampe aku niat untuk preloved aja. Tapi karena sayang belinya cukup mahal dan expired nya 6 bulan setelah dibuka, tentu aku ga mau nyerah dong. Pas kulitku udah kembali sehat, aku coba lagi dan hasilnya alhamdulillah memuaskan :) Wajah jadi lebih supple kaya pantat bayi dan kelembabannya bisa terjaga cukup lama biarpun dipake sedikit aja. Mau kebasuh air wudhu, kepapar AC dalam waktu lama, mandi air panas, kulit tetep kerasa lembab. Teksturnya agak rich tapi ga bikin muka berminyak banget kaya pelembab oklusif lainnya. Ingredients nya juga dari bahan-bahan alami jadi expired nya ga lama (beneran ga usah beli pelembab 6 bulan kedepan ini sih). Alhamdulillah sejauh ini ga ada efek buruk (amit-amit jangan sampe breakout lagi). Harganya cukup pricey, beli di Guardian Singapore kalo di kurs ke rupiah pada saat itu sekitar 265 ribu, tapi isinya 120 ml jadi awet buat 6 bulan.

5. Sunscreen

Emina Sun Protection SPF 30 PA +++

Masih sama sih jadi gausah ditampilin lagi fotonya hahaha. Sekarang selang-seling sama sunscreen lain juga tapi berhubung udah mau abis dan sunscreen yang aku stok si Emina ini jadi yaudah deh. Bener-bener ga mengecewakan kulit dan super affordable. Sayangnya susah dicari di drugstore :(

PM

Jauh lebih banyak dan lebih berlapis-lapis macam 10 steps Korean Skincare tapi ga 10 steps juga sih haha karena waktunya lebih banyak.


1. Cleanser

Sama seperti AM. Tapi kalo pake bedak biasanya pake ini buat second cleanser :

Maxi-peel Facial Cleanser Classic


Iseng beli di Watsons Filipina. Ternyata busetdeh alkoholnya kenceng banget. Harganya sangat terjangkau kalo dirupiahin belasan ribu aja (karena produk lokal sono kali ya). Menurut Skincarisma, ada beberapa kandungan yang bisa berfungsi buat eksfoliasi juga, kaya glycolic acid, lactic acid, dan salicylic acid tapi di list ingredients mereka bukan yang utamanya jadi sepertinya eksfoliasi nya ringan banget. Aku pake ini ga setiap hari sih, kalo ngerasa wajah lagi kotor banget aja. Kemampuan ngangkat kotorannya oke banget sih cuma karena ada alkoholnya dia sedikit ngeringin.

2. Clay Mask

Skip dulu karena lagi masa nyoba-nyoba produk baru. Udah pernah nyobain Innisfree Super Jeju Volcanic yang 2x tapi komedonya masih nyisa dikit. Clay mask ini juga dipakenya 2-3x/minggu. Nanti di update lagi kalo masa percobaanya udah berakhir haha.


3. Exfoliating Toner

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Aku memutuskan untuk kembali kepada kecintaanku ini haha. Setelah nyoba Some By Mi yang lagi hits ternyata kulit aku malah jadi overeksfoliasi dan ga ada efek ke ngilangin bekas jerawatnya :( Lagian oon juga makenya tiap hari haha. Jadi ga main-main lagi deh sama produk eksfoliasi. Cukup 2-3x/minggu aja. Karena kulit udah sehat juga, ga ada lagi tuh celekit-celekit pas pake ini. Rasanya ya biasa aja haha.

4. Hydrating Toner

Sama seperti AM. Seminggu terakhir aku lagi nyoba CSM (googling aja atau tonton video ini buat yang belum tau) pake :

Viva Face Tonic Green Tea

Kenapa CSM? Karena lagi-lagi aku baru aja abis jerawatan di pipi gara-gara kebloonan diri sendiri (tidur dengan pipi nempel di bantal kotor) udah gitu gradakannya cuma sebelah lagi haha. Dan setelah banyak baca-baca, hydrating itu super penting dan kalo kita punya masalah di kulit, coba lah balik ke skincare dasar instead of nyobain produk-produk yang bisa membombardir skin barrier kita misalnya obat jerawat yang terlalu harsh, cleanser yang terlalu harsh, serum, essence, ampule, yang sebenernya pelengkap aja dan ga bisa berfungsi baik kalo kulit kita pondasinya belum bener. Karena kulitku keringnya juga lagi parah, yaudah hidrasinya ditingkatin, salah satu caranya adalah CSM. Orang-orang CSM pake macem-macem, paling simpel pake hydrating toner, ada juga yang pake green tea, madu, dll. Karena aku orangnya takut bereksperimen pake bahan-bahan alami, jadi pake toner yang udah ada aja. Dan Viva ini harganya super murah, 6000 an aja, sayangnya susah banget dicari di minimarket/supermarket (saking lakunya kayaknya). Efeknya apa nih di kulit? Kulit terasa lebih plump, ga terlalu gradakan, dry patches berkurang, bruntusan juga berkurang dalam waktu yang relatif cepet (lagi-lagi ga instan ya). Jadi kalo kalian punya waktu dan budget yang sedikit berlebih (kalo CSM nya pake hydrating toner), boleh lah CSM an sering-sering apalagi kalo abis pake produk yang ngeringin kaya clay mask.
Kelar CSM, semprot-semprot rose water kaya biasa.

5. Face Oil

Sama seperti AM, tapi kadang-kadang selang seling sama ini kalo kulit ga terlalu bermasalah, intinya AM sama PM beda haha.

Cara Carrier Tamanu Oil


Pertama kali tertarik sama tamanu oil dari video nya Liah Yoo. Tamanu ini katanya merupakan oil penyembuh dan punya efek bagus untuk antiinflamasi dan ngilangin bekas luka termasuk bekas jerawat. Nyari-nyari secara online dan offline kok susah ya nyeri tamanu oil yang affordable dan gampang didapat. Eh ketemulah akun IG cara.carrier ini ternyata mereka jual tamanu oil, yeaaay! Aku pake setiap hari selama 2 minggu an pagi dan malam ternyata bekas jerawat memudar signifikan kira-kira 80% an lah. Tapi...pas dipake udah agak lama (sekarang ini pake botol ketiga), kok efeknya berhenti ya :( Mungkin dia cuma bekerja di bekas jerawat yang relatif baru dan bener-bener harus rutin makenya kalo mau hasil cepet. Belum tahu akan repurchase ini atau ngga kedepannya tapi mau coba oil lain dulu atau tamanu oil merek lain buat bantu ilangin bekas jerawat. Aku beli di cara.carrier nya langsung, mereka ada Shopee juga, harganya 65.000 kalo ga salah.

6. Moisturizer
Sama seperti AM. Seperti yang kalian liat di post sebelumnya, aku pake Nature Republic Aloe Vera. Cuma karena kulitku lagi ga sehat jadi mau coba stop produk beralkohol dulu (seperti yang kalian tau produk ini alkoholnya cukup tinggi tapi di aku efektif banget buat bruntusan...).

7. (Optional) Sheet Mask

Karena sekarang kulit aku lagi kering banget jadi aku pake sheet mask hampir setiap hari. Sheet mask nya apa aja sesuai ketersediaan dirumah haha. Sekarang ini yang ada sheet mask nya Emina sama Miniso. Di aku sheet mask apapun efeknya bagus semua, hydrating nya dapet, moisturizing nya juga dapet. Karena essence nya super banyak jadi sangat membantu buat menutrisi kulit sepanjang malam.

8. (Optional) Moisturizer

Opsional aja sebenernya ga sering-sering juga. Aku pake ini buat ngunci hidrasi dari sheet mask karena kulitku kering banget dan kalo tidur kepapar dinginnya AC.


Haple Pure Shea Butter


Lagi-lagi dari Haple. Jauh sebelum pake oil nya aku udah beli Shea Butter ini. Tadinya mau dipake jadi moisturizer tapi terlalu thick dan jatohnya berminyak di kulit. Jadi aku pake ini di spot-spot yang kering aja sebelum tidur kaya di pipi, dagu, siku, tumit, dll. Alhasil pas bangun tidur kulit jadi ga kering dan gradakan :)

Udah itu aja skincare routine nya. Sangat mungkin buat nambah ataupun kurang. Buat nambah-nambah pengetahuan soal skincare, aku sering nonton Skincare 101 di Youtube Channel Female Daily, Liah Yoo, Dr Sam Bunting, dll. Selain bisa nyari review produk, Female Daily juga punya apps dimana kita bisa liat postingan member-member FD berisi berbagai macam pengalaman soal skincare, ngilangin jerawat, dan permasalahan kulit lainnya (ini profile FD apps aku, aku juga sering review produk haha). Seru deh kalo udah liat discover nya bawaannya mau browsing soal skincare mulu haha. Kalo mau ngulik ingredients skincare, bisa buka CosDNA atau Skin Carisma.

Segitu aja postingan kali ini. See you next post :)

Tidak ada komentar: